Wanita Ditelan Ular Piton Jadi Sorotan Dunia

Wanita Ditelan Ular Piton Jadi Sorotan Dunia

Warga mencoba membelah perut ular yang berisi seorang wanita (Foto: Ist)

Sulsel - Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan kematian seorang ibu rumah tangga asal Sulawesi Tenggara yang dimangsa ular piton. Jasad wanita bernama Wa Tiba (54) ditemukan warga Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, di dalam perut reptil sepanjang 7 meter tersebut.

Tak hanya di Tanah Air saja, insiden mengenaskan itu rupanya menjadi sorotan media luar negeri. Seperti UPI yang memberitakan kasus tersebut dengan judul "Indonesian Woman Swallowed Whole by 23-foot Python".

Dalam artikel yang dipublikasikan pada 16 Juni 2018 ini, UPI menuliskan: "Seorang wanita meninggal setelah ular piton sepanjang 23 kaki menelan seluruh tubuhnya di Muna, sebuah pulau di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Wanita itu, yang hilang pada Kamis malam setelah pergi ke kebunnya, ditemukan Jumat pagi oleh penduduk desa yang mencarinya.

Setelah penduduk desa melihat seekor ular piton besar dengan perut besar di dekat kebun, mereka membunuh ular, membedah perutnya, dan menemukan wanita itu di dalam perut ular dengan pakaian yang masih utuh.

Kepala polisi Muna mengatakan wanita tersebut berusia 54 tahun.

Penemuan piton raksasa, yang panjangnya bisa mencapai 19 kaki, adalah sesuatu yang umum di Indonesia."

Beredar Videonya di Media Luar Negeri

Sementara itu, The Washington Post memberikan judul "A woman went to check her corn — and was swallowed by a python". Media asal Amerika Serikat ini juga menyertakan video detik-detik warga desa membelah perut ular dan mengeluarkan jenazah Wa Tiba.

"Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun, seorang warga Indonesia ditelan bulat-bulat oleh seekor ular piton.

Ular biasanya memangsa mamalia yang lebih kecil. Serangan terhadap manusia bisa dibilang sama langkanya dengan memenangkan lotere dan disambar petir pada saat yang bersamaan, demikian tulisan dari Amy B Wang dalam laporannya untuk Washington Post. Bagaimanapun juga, kejadian mengerikan ini serupa dengan apa yang terjadi pada tahun lalu, ketika tubuh seorang pria diekstraksi dari piton sepanjang 23 kaki, rekaman videonya sempat diunggah ke situs YouTube.

Adalah sesuatu yang amat jarang ular memangsa manusia, The Jakarta Post melaporkan, biasanya kabar seperti ini merupakan hoax. Contohnya, sebuah foto memperlihatkan seekor ular yang sebenarnya memangsa babi disalahgunakan warganet dan diklaim bahwa ular ini memangsa manusia. Pemberitaan bohong tersebut menyebar di China, Afrika, dan seluruh Asia Tenggara."

New York Post melaporkan dengan judul "23-foot python swallows woman whole in Indonesia", sedangkan Fox News memberi judul "Indonesian woman dies after being swallowed whole by a python".

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews