Sidang Penetapan 1 Syawal 1439 H Digelar Sore Ini

Sidang Penetapan 1 Syawal 1439 H Digelar Sore Ini

foto: hariannasional.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat Hari Raya Idul Fitri 2018 pada Kamis (14/6/2018) sore ini.

Penetapan 1 Syawal 1439H/2018M, atau tibanya Hari Raya Idulfitri 1439H tersebut akan diselenggarakan di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta.

"Sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, di Jakarta, seperti dikutip laman Covesia.com, Senin (11/6/2018) siang.

Adapun proses sidang isbatnya, menurut Amin, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Baca juga: 
Mau Beli HP Tapi THR Pas-pasan, Ini 5 Smartphone Harga Rp 1 Juta

3 Inspirasi Busana Lebaran

 

"Sebagaimana biasa, sidang isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat,” sambung Amin.

Sidang isbat ini merupakan tahapan akhir penentuan 1 Syawal 1439 H setelah melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di sejumlah titik.

Rukyatul hilal sendiri akan dilakukan di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi Indonesia pada hari ini.

Sidang isbat ini akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hadir pula Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

Ada juga pakar falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, juga Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

(kin) 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews