Kapolri: Tak Sanggup Atasi Begal, Kapolresnya Saya Begal

Kapolri: Tak Sanggup Atasi Begal, Kapolresnya Saya Begal

Kapolri Tito Karnavian (Foto: Batamnews)

Lampung - Aksi begal kembali terjadi di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (12/6/2018) sekitar pukul 23.00 WIB di Baloi, Lubuk Baja. Korban diduga seorang karyawan Alfamart.

Korban begal terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan setelah mengalami luka. 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta seluruh jajarannya untuk memberantas begal. Khusus yang terjadi di bulan Ramadan atau di Lebaran.

"Saya minta seluruh kapolres dapat mengatasi kasus pembegalan ini, kalau tidak bisa atasi begal, maka kapolresnya yang saya begal. Paham kan maksud saya?" ujar Tito saat ditemui usai kunjungan ke areal Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (11/6/2018). 

Tito lalu meminta para kapolres dan jajarannya membuat tim khusus untuk mewujudkan hal tersebut. Tito juga meminta kapolda membantu tim tersebut nantinya.

Selain meminta bantuan kapolda, lanjut Tito, kapolres juga bisa minta bantuan kepada komandan korem (danrem) setempat. "Kelompok begal-begal bisa saja ditangkap dengan cara lembut. Kalau masih melawan, tindak tegas," tuturnya. 

Menurut dia, memberantas begal bukan hanya tugas aparat kepolisian. Tito mengatakan, peran aktif dari pemerintah juga dibutuhkan. "Pada prinsipnya pelaku kriminalitas itu, kami yang menangkap dan kemudian diproses secara hukum, tapi masih ada akar lalinnya yaitu perlu peran pemerintah untuk mengatasi ini," ujar Tito.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews