3 Penyebab Laka Lantas Saat Mudik

3 Penyebab Laka Lantas Saat Mudik

foto: beritatangsel.com

BATAMNEWS.CO.ID - Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (anev) Satlantas Polres Bintan. Ada 3 faktor penyebab lakalantas yang berujung maut di jalur wilayah Bintan yaitu faktor cuaca, faktor jalan dan juga  faktor human error (kelalaian manusia).

Faktor cuaca seperti hujan akan menyebabkan kondisi jalanan licin. Jadi pengendara ataupun pengemudi mobil dihrapkan tidak memaksakan diri untuk bisa sampai ke tujuan jika dalam perjalanan diterpa hujan.

Faktor jalanan, sebagian besar lintasan di Bintan banyak yang menikung tajam, tanjakan dan turunan serta bergelombang. Sehingga tidak diperkenankan bagi pengguna jalanan raya untuk memacu laju kendaraannya. 

Faktor human error merupakan penyumbang terbesar angka lakalantas di wilayah ini. Diimbau bagi pengguna jalan raya tidak lalai dalam berkendara. 

Baca juga:

39 Ribu Orang Tinggalkan Tanjungpinang

Kapolres Tanjungpinang Pantau Pos Operasi Ketupat Tengah Malam

 

Seperti harus menaati peraturan berlalulintas, tidak ugal-ugalan dan ngebut-ngebutan serta tidak boleh berkendara dalam keadaan ngatuk maupun bermain ponsel.

"Dari catatan, korban meninggal masih didominasi oleh pengendara sepeda motor. Faktornya human error," ucapnya.

Agar arus mudik berjalan lancar, pihaknya juga menempatkan beberapa petugas di lokasi rawan lakalantas. 

Kemudian memasang pamflet di lokasi-lokasi rawan agar mengingatkan kepada pengendara pentingnya keselamatan diri dibandingkan tujuan.

"Janganlah terburu-buru agar cepat sampai tujuan. Tetapi utamakanlah keselamatan diri dan keluarga anda," katanya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews