4 Pengeluaran yang Perlu Diatur Jelang Lebaran

4 Pengeluaran yang Perlu Diatur Jelang Lebaran

foto: kompasiana.com

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Lebaran Idul Fitri 2018 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari pakaian, kendaraan, rencana mudik hingga mempersiapkan kondisi rumah.

Perayaan lebaran sering kali disebut masa konsumtif. Agar tidak terjadi saldo nol hingga menumpuknya hutang di akhir lebaran, Anda perlu perhatikan pengeluaran keuangan.

Berikut 4 pengeluaran yang perlu diatur jelang Lebaran

1. Zakat (Mal)

Membayar zakat menjelang salat Idul Fitri merupakan kewajiban bagi umat muslim. Penghitungan zakat mal dihitung secara khusus dalam Islam. Sebaiknya Anda melakukan penghitungan seminggu sebelum lebaran. 

Setelah itu, sisihkan sebagai keuangan Anda untuk keperluan membayar zakat. Sehingga ketika waktunya tiba Anda tidak terkejut karena tidak memiliki persediaan anggaran uang untuk itu.

2. Pakaian Baru

Pakaian baru Lebaran salah satu bentuk merayakan kemenangan di bulan penuh berkah ini. Pakaian tidak hanya berupa baju, namun juga untuk celana, sepatu, sandal hingga mukenah baru. Hal ini menjadi tradisi di Idnonesia. 

Banyak diskon yang ditawarkan pusat perbelanjaan. Ingat, jangan sampai tergiur dengan diskon tersebut. Karena akan merusak pundi keuangan Anda. 

Baca juga: Arus Mudik ke Lingga Meningkat

Tipsnya sama dengan poin pertama. Anda harus siapkan pos keuangan anda untuk membeli baju lebaran. Agar tidak terjadi resiko keuangan. Apalagi kalau tergiur diskon.

3. Keperluan Mudik 

Mudik juga salah satu tradisi yang sudah ada sejak lama. Momen lebaran waktunya berkumpul dengan sanak famili. Terutama mudik untuk para perantau. 

Pos anggaran keuangan untuk mudik amat lah penting. Mulai dari tiket pulang-pergi hingga konsumsi ketika arus balik. 

Tidak lupa juga memberikan Tunjungan Hari Raya (THR) ketika mudik kepada keluarga suatu keharusan. Meskipun keadaan keuangan menipis. 

Jadi perlu dipersiapkan dengan matang anggaran yang akan dihabiskan untuk keperluan mudik.

4. Biaya Tidak Terduga

Dalam perencanaan keuangan. Terutama pengeluaran. Biaya tidak terduga menjadi penting dipersiapkan. 

Pos keuangan ini antisipasi jika ada penggeluaran yang tidak diinginkan. Terkadang tidak menyiapkan pos ini membuat anggaran jadi kacau. 

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews