Siraman Rohani

Ramadan dan Investasi Kehidupan

Ramadan dan Investasi Kehidupan

Effendy Asmawi Alhajj (Foto: Dok. pribadi)

Oleh : Effendy Asmawi Alhajj

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap pribadi memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari yang akan datang (akhirat)”… (QS. 59: 18).

Puasa, adalah sebuah investasi rohani dalam menyiapkan hari esok yang kekal dan bahagia. Betapa tidak, puasa dengan berbagai kegiatan amalannya memberikan nuansa tersendiri dalam hal ubudiyah kepada Allah SWT.

Allah berfirman dalam sebuah hadits disebutkan “tiap-tiap amal anak Adam adalah untuk dirinya sendiri, kecuali puasa. Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan ganjaran kepada-Nya”. (HR. Bukhari).

Dalam kehidupan kini, investasi tampaknya sudah menjadi keharusan karena ini merupakan sebuah cara dalam menyelamatkan kehidupan di masa yang akan datang.

Kesadaran berinvestasi ini bukan saja dalam makna kehidupan dunia tapi dalam kehidupan ukhrawi juga ternyata amat kita butuhkan dalam memberikan suntikan segar spiritual keagamaan kita. 

Salah satu caranya  lewat berinvestasi amaliah Ramadhan, sebuah cara yang cukup amat menggiurkan dengan bunga investasi 1.000 bulan dari bulan-bulan lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah amat mengenal benar atau berpengalaman dalam berbagai bentuk investasi. Dan cara berinvestasi inilah bisa merubah kita dari quadrant kiri menjadi quadrant kanan yang bebas tanpa hambatan.

Jadi berinvestasi bukan hanya modal uang atau financial, tapi investasi yang hakiki meliputi keramah-tamahan, kedermawanan, suka memaafkan, berlaku adil dan lain sebagainya. 

Semua itu merupakan investasi yang keuntungan akan diperoleh investor. Sebaliknya, sikap hidup yang buruk, seperti pemarah, kasar, korup, zalim dan lain sejenisnya sesungguhnya merupakan penarikan investasi besar-besaran yang akibatnya akan dirasakan pula bagi pelakunya.

Sayang banyak diantara kita yang tak pandai menghitung investasi kepribadiannya.

Bagi orang beriman pentingnya investasi bukan hanya untuk bekal kehidupan di dunia saja, tapi juga untuk kehidupan akhirat.

Oleh karena itu Allah mengingatkan kaum Muslimin untuk memperhatikan apa saja yang pernah diperbuatnya sebagai investasi di dunia untuk kehidupannya kelak di akhirat…”hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap pribadi memperlihatkan apa yang telah diperbuatnya untuk hari akhirat. “(QS. 59: 18). 

Seperti investasi di bursa saham, Allah pun menjanjikan keuntungan besar bagi orang yang berinvestasi untuk akhirat.

Firman Allah:”…perumpamaan bagi orang-orang yang menginfakkan (menginvestasikan) hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh butir dan pada setiap butir terdapat seratus biji. Allah akan melipatgandakan pahala bagi siapa yang dihendaki-Nya”…

Kita bisa menghitung, betapa besarnya keuntungan investasi di jalan Allah itu jauh lebih besar dibandingkan investasi di bursa saham. Tapi sebaliknya, jika investasinya bukan di jalan Allah, maka nilainya hilang.

…” dan orang-orang kafir, amal-amal mereka laksanafatamorgana di tanah yang datar yang disangkanya air oleh orang-orang yang dahaga, tapi ketika didatangi air itu ternyata tidak ada…”(QS. 24: 39).

Karena itu, marilah kita perbanyak investasi kita, khususnya di bulan yang amat baik ini sebagai persiapan kita di kehidupan abadi di akhirat. Dan ingat! Seperti dikatakan Rasul Saw “sebaik-baik investasi adalah takwa” semoga! Wallahu a’lam.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews