Refly Harun Tak Kaget Yudi Latif Mundur dari BPIP

Refly Harun Tak Kaget Yudi Latif Mundur dari BPIP

Yudi Latif

BATAMNEWS.CO.ID - Pakar hukum tata negara Refly Harun mengaku tidak heran dengan keputusan Yudi Latif yang memilih mundur sebagai Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). 

Yudi diketahui mundur terhitung sejak Kamis (7/6) atau tepat setahun sejak Yudi dilantik menjadi Kepala Unit Kerja Presiden-Pembina Ideoogi Pancasila (UKP-PIP).

"Yudi Latief mundur? Saya tidak kaget. Seorang moralis seperti dia tak akan betah berlama-lama di suatu lembaga semacam BPIP," kata Refly melalui cuitannya di akun Twitter seperti diberitakan Republika, Jumat (8/6).

Refly menilai BPIP saat ini tidak terlalu dibutuhkan untuk menjaga eksistesi ideologi negara. Bagi Refly, Pancasila harus hidup dari masyarakat atau dari bawah, bukan dengan cara dari atas ke bawah atau dari pemerintah ke masyarakat.

Peran negara untuk menjaga ideologi Pancasila, menurut Refly, cukup dengan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Bagi saya sendiri (BPIP) memang tak dibutuhkan. Pancasila harus hidup dari masyarakat secara bottom up, tidak top down dari negara. Negara cukup memberi contoh baik. Salut Yudi," tulis Refly.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews