5 Peristiwa Buaya Mangsa Manusia di Indonesia

5 Peristiwa Buaya Mangsa Manusia di Indonesia

foto: http://losmejoresamigosenelmundo.blogspot.com

BATAMNEWS.CO.ID-Baru-baru ini peristiwa buaya memangsa manusia terjadi di Lingga. Peristiwa tersebut bukan pertama kalinya. Lingga dikenal sebagai daerah rawa dan diperkirakan sebagai habitat terbaik untuk buaya berkembangbiak. Selain itu di sini dikhawatirkan jumlah populasi buaya meningkat dan membahayakan warga setempat.

Peristiwa di Lingga bukan satu-satunya. Di Indonesia banyak ditemukan kejadian naas, manusia dimangsa buaya. Berikut 5 peristiwa tersebut.


1. Pawang Tewas Diterkam Buaya di Kutai Kartanegara, Kaltim

Pada tahun 2017, Suprianto seorang pawang buaya dinyatakan hilang. Ia diduga diserang buaya di Muara Jawa, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Suprianto rupanya terjun ke sungai untuk menyelamatkan warga Kutai lainnya yang lebih dulu diserang Buaya di lokasi yang sama. Namun, Ia malah bernasib yang sama dengan orang yang dicarinya.

2. Buaya Menerkam Saat Mandi

Sarifuddin (40) dimangsa buaya saat tengah mandi di Sungai Lempake, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Buaya itu kemudian mengembalikan sebagian jasad Sarifuddin. Pawang buaya disebut memiliki andil dalam peristiwa ini.

Buaya tersebut membawa jasad Sarifuddin dengan diselipkan di mulutnya. Hal ini diketahui saat petugas kepolisian pimpinan Kapolsek Talisayan Iptu Faisal Hamid bersama warga mencari korban yang berdomisili di Kampung Biatan Lempake, Biatan, Kabupaten Berau. Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 2017.

3. Mandi di Sungai, Janda di Meranti Riau Digigit Buaya

Akim (34) dan Mona (32) beserta teman-temannya asyik mandi di sungai di Kabupaten Meranti, Riau, sekitar Mei tahun lalu. Saat sedang mandi, tiba-tiba mereka diserang buaya. Keduanya pun akhirnya bergelut dengan buaya.

Buaya itu membawa korban ke dasar sungai, korban berusaha bertahan dengan memegang batang kayu yang ada di dalam sungai. Korban mengalami gigitan di pinggang sebelah kiri serta paha kanan dan kiri bagian dalam. Telapak kakinya juga digigit buaya itu.

4. Detik-detik Menegangkan Sudianto Lolos dari Terkaman Buaya

Sudianto (39) sibuk menyusun batang pohon sagu untuk dijadikan rakit di sungai. Tiba-tiba seekor buaya menerkamnya. Beruntung, dia lolos dari maut setelah bergulat sengit dengan buaya.

Kapolres Meranti, AKBP Barliansyah, menceritakan Sudianto yang merupakan warga Desa Lukan, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau berhasil selamat dari cengkraman buaya. Sudianto diserang buaya saat tengah bekerja untuk menyusun batang pohon sagu untuk dijadikan rakit dan ditarik dengan kapal pada Rabu 26 April 2017 sekitar pukul 09.00 WIB.

5. Turis Rusia Tewas Diserang Buaya Saat Snorkeling di Raja Ampat

Seorang turis asal Rusia tewas diserang seekor buaya di Raja Ampat, Papua Barat. Insiden ini terjadi saat turis Rusia itu sedang pergi snorkeling di Pulau Manyaifun.

"Kejadian tanggal 29 Maret 2016 di Pulau Manyaifun, korban atas nama Sergey Lykhvar," ucap petugas SAR Sorong, Karel, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu 2 April 2016.

Dia mengatakan, jasad Lyhkvar ditemukan selang 4 hari setelah dia dilaporkan hilang. Terakhir kali, Lykhvar diketahui pergi snorkeling di sekitar pulau terpencil Manyaifun. Petugas penyelamat memergoki seekor buaya air asin berukuran besar ketika menemukan jasad Lykhvar.


(kin)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews