Hanya Mutar-mutar Batam, Angkutan Mudik Darat di Batam Tetap Dicek

Hanya Mutar-mutar Batam, Angkutan Mudik Darat di Batam Tetap Dicek

Petugas Dishub Batam tengah memeriksa angkutan darat di Batam menyongsong persiapan mudik (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam bersama dengan Satlantas Polresta Barelang melakukan Rump Chek atau uji Laik bagi Angkutan jelang Lebaran 1439 H/2018. 

Uji laik ini dilakukan di beberapa rute. Pada rute pertama, Kepala Dinas Perhubungan, Yusfa Hendri bersama tim melakukan pengecekan kelengkapan fisik Trans Batam rute Sekupang-Batam Centre di Transfer Point Halte Batam Centre, Engku Putri, Kamis (7/6/2018). 

Untuk kendaraan yang telah dinyatakan laik akan dipasang stiker bertuliskan “Memenuhi Laik Jalan Angkutan Lebaran Tahun 2018” di badan kendaraan.

Pengecekan kendaraan ini dimulai dari lampu besar lampu dim, lampu sen, lampu jauh, kondisi ban dan rem. Termasuk perlengkapan wajib yang dimiliki seperti alat pemadam api ringan dan pemecah kaca untuk keadaan darurat. 

Sedangkan pihak Satlantas Polresta melakukan pengecekan pada pengemudi dengan memeriksa kelengkapan surat kendaraan seperti STNK dan SIM pengemudi. 

Yusfa mengatakan uji laik kendaraan ini memang rutin dilaksanakan dalam rangka antisipasi arus mudik lebaran.

“Uji lain ini berbeda dengan KIR karena untuk KIR dilakukan per enam bulan dan ini untuk uji petik laik tidaknya kendaraan itu sebagai angkutan lebaran,” jelasnya.

Adapun sasaran kendaraan yang akan diuji kelaikkan 73 unit Trans Batam dan bus pariwisata, bus umum, bus karyawan, bus sewa dan van di agen-agen atau pun di mall-mall. 

Menurutnya Batam memang tidak seperti daerah lain yang memiliki bus angkutan antar kota maupun provinsi. Namun uji laik ini tetap perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. 

“Untuk kendaraan yang tidak laik tidak disarankan untuk beroperasi terhadap ketentuan ini kami bersama dengan Polresta Barelang akan melalukan pemantauan,” katanya. 

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews