Kerangka Dinosaurus Terjual 2 Juta Dolar

Kerangka Dinosaurus Terjual 2 Juta Dolar

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID - Kerangka sepanjang 9 meter (30 kaki) dari jenis dinosaurus tak dikenal, yang diyakini sebagai spesies baru, dijual lebih dari $ 2,3 juta, pada lelang yang dipentaskan di lantai pertama Menara Eiffel, Paris, Senin (4/6).

Fosil itu digali di Amerika Serikat bagian barat tahun 2013 dengan jenis dinosaurus karnivora besar. Para ilmuwan mengatakan ada beberapa perbedaan dengan spesies yang diketahui.

"Pembeli adalah orang Prancis dan dia memberi tahu saya sebelum penjualan. Jika saya mendapatkannya, saya akan mengumumkannya ke publik. Dan ini luar biasa," kata juru lelang Claude Aguttes.

"Semua orang akan dapat melihatnya jika dipinjamkan ke museum. Dan itu akan dipelajari oleh para ilmuwan sehingga semuanya sempurna," tuturnya.

Pembeli dan penjual, yang diidentifikasi hanya sebagai pengusaha Inggris, tidak disebutkan namanya. Penjualan itu diperkirakan mencapai $ 2,1 juta.

Rumah lelang Prancis, Aguttes, yang sebelumnya menjual kerangka mammoth dan dinosaurus lain mengatakan sebelum penjualan itu pembeli mungkin dapat menyebutkan spesies baru yang memicu keberatan dari asosiasi ilmiah AS.

The Society of Vertebrate Paleontology, berpendapat hal ini mungkin bertentangan dengan aturan penamaan sehingga menyerukan agar lelang dibatalkan. Pihaknya juga mengatakan bahwa kepemilikan pribadi dapat membatasi jangkauan studi ilmiah bahkan jika kerangka itu kemudian dilepas ke para peneliti.

Sebagian dari hasil lelang akan diberikan kepada dua badan amal yang bekerja dengan spesies yang terancam punah, termasuk cheetah dan satwa laut.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews