Seorang Pria Mandi Uang di Bathub, Ini Reaksi Polisi

Seorang Pria Mandi Uang di Bathub, Ini Reaksi Polisi

BATAMNEWS.CO.ID - Seorang pria tengah mandi uang di dalam sebuah bathtub di sebuah video menjadi perhatian. Video ini pun viral. 

Dalam video tersebut, pria berambut tipis itu memperlihatkan uang pecahan Rp 100 ribu yang memenuhi bathtubnya.

Dalam video itu ia juga bakal membagikan uang tersebut kepada pihak yang tak mampu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, tindakan seperti itu tidak tepat. Bisa memancing pelaku kejahatan.

"Mandi uang di bathtub, itu kan memancing niat pelaku kejahatan. Untuk apa? Apa motifnya untuk pamer? Dari sisi agama tak benar. Di sisi keamanan juga tak bagus. Itu artinya memperlihatkan, mengundang niat. Orang yang tak ada niat pun tergoda," kata Iqbal saat dihubungi detikcom, Minggu (3/6/2018) malam.

Dia mengatakan secara prinsip kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan pelaku dari pelaku. Kejahatan dapat diantisipasi dengan menekan kesempatan para pelaku.

Dia memberi contoh tindakan menekan kesempatan pelaku kejahatan dengan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lingkungan sekitar. Kesempatan juga dapat ditekan dengan tak mengundang perhatian pelaku dengan menampilkan kekayaan.

"Jadi prinsipnya adalah n (niat) + k (kesempatan) = timbul masalah. Kalau ada niat tapi kesempatan itu ditutup masyarakat, nggak akan terjadi kriminal itu," tutur Iqbal.

Dia mengimbau masyarakat untuk ikut menciptakan keamanan bagi diri sendiri. Iqbal mengatakan polisi siap membantu jika masyarakat meminta bantuan keamanan.

"Untuk itu masyarakat tidak menunjukkan. Apalagi ini sudah mau lebaran. Karena kan banyak yang butuh uang dan sebagainya. Jadi misalnya mau gajian atau ambil uang banyak di bank jangan ragu minta bantuan polisi. Kita tak perlu takut tapi harus waspada," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, video pria mandi uang di bathtub itu ramai dibagikan di berbagai platform media sosial. Belum iketahui siapa pria yang mandi duit ini. Dia berbicara dengan tangan menengadah saat mandi duit, sementara ada satu orang lain lagi yang melemparkan gepokan duit ke arah pria yang mandi itu.

(snw)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews