Viral Ciutan Millenial yang Tak Mengenal Pramoedya Ananta Toer

Viral Ciutan Millenial yang Tak Mengenal Pramoedya Ananta Toer

foto: asmaraInJogja.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kalangan Millenial mungkin asing dengan nama sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Seorang penulis novel Bumi Manusia.

Baru-baru ini kontroversi bermunculan mengenai adaptasi novel 'Bumi Manusia' ke versi layar lebar. Hal itu dikarenakan tokoh Minke satu tokoh dalam novel tersebut diperankan oleh Iqbaal Ramadhan.

Namun, permasalahannya kini merambah ke sastrawan itu sendiri. Sebuah status dikicaukan di Twitter oleh seorang netizen yang tidak diketahui namanya itu tersebar. Status itu mempertanyakan dengan kesan meremehkan Pramoedya.

Akun Twitter @askmenfess pun mengupload ulang dan kian membuat viral.

"Lagian Pramoedya itu siapa sih? Cuman penulis baru terkenal kayaknya... masih untung dijadiin film, dan si Iqbal mau meranin karakternya.. biar laku bukunya," tulis netizen tersebut seperti dikutip detikHOT.

Lantaran status tersebut banyak yang berkomentar pedas.

"Ini anak tk kali ya yang ngomen -_- ngejelekin pak pram pula," ujar @kevinmoonology.

"Tolong ya, klo ngomong tuh research dulu. Kalo lu gatau sastra, mending lu diem. Daripada lu diserang sama penikmat sastra yg jumlahnya ada banyak, ditambah penikmat buku Bapak Pram itu jumlahnya gak sedikit. Penulis terkenal juga pada muja muja tulisan dia saking bagusnya," tulis @pienthouse.

"Hm kasian, makanya jangan tiktokan mulu. Baca bukunya, biar tau siapa yg kau sebut sebut itu wahai anak muda. 😐," tulis @softytzu.

Bahkan ada seorang netizen yang nyinyir dan mengatakan status berasal dari fans Cowboy Junior, Comate.

"Heh itu penulis novel sastra jaman orde baru anjay Dari namanya aja keliatan nama jaman dulu Pasti ini comate, keliatan bat bocahnya," tulis seorang netizen.

Namun banyak juga yang merasa maklum dengan generasi milenial yang mengaku tak tahu siapa Pram. Apalagi kalau di sekolah, tidak diajarkan mengenai karya sastra Pram.

"Soal #Pram memang bukan lagi soal rencana pembuatan film Bumi Manusia, tapi soal generasi lampau yang ingin generasi zaman ini mengalami dan memahami apa yang mereka rasakan. Kalau generasi zaman ini mau ya. Kalau gak mau, gak usah dipaksa," kicau @imandnugroho.

(*)

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews