Kepala Dinkes Lingga: Bidan Tidak Cukup untuk Semua Desa

Kepala Dinkes Lingga: Bidan Tidak Cukup untuk Semua Desa

Kepala DKPPKB Lingga, dr Syamsu Rizal (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Terkait minimnya bidan di Puskemas Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lingga Utara ditanggapi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Syamsu Rizal.

Dia menjelaskan, penempatan tenaga kesehatan baik perawat maupun bidan disesuaikan dengan tenaga yang dimiliki oleh puskesmas masing-masing.

"Melahirkan memang perlu bidan. Tapi kalau bidannya tidak cukup, tidak mungkin bidan dipindahkan di setiap desa, karena ada bidan ada perawat. Kalau perawat itu lebih umum, dalam artian dia siap dalam hal apapun," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (30/5/2018).

Sementara itu, mengenai tenaga perawat di desa yang hanya bisa merujuk pasien ke puskesmas, meskipun hanya sakit ringan, dia meminta agar pihak puskesmas dapat bertindak.

"Kalau memang nanti di lapangan begitu, diketahui ke pimpinan puskesmas, karena hak untuk memutar-mutar itu puskesmas. Kalau kecuali dalam penetapannya langsung oleh bupati, tapi biasanya mereka (perawat) itu SKnya di puskesmas, jadi nanti puskesmas tergantung kebutuhan, berapa Pustu berapa Polindes, dia yang buat kebijakan," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini sebagian puskesmas juga kekurangan tenaga, terutama di wilayah Pustu dan Polindes, karena PNS di bidang tersebut masih kurang.

"Kalau meraka (puskesmas) merasa PTT dan THL kurang pengalaman, boleh dimagangkan di rumah sakit atau di puskesmas sebelum diterjunkan ke Pustu dan Polindes, sehingga dia dapat banyak kasus, jadi ketika ditempatkan dia bisa siap. Minimal magang di puskesmaslah," katanya.

Sebelumnya, salah seorang warga Desa Rantau Panjang, Yusri Mandala mengeluhkan ketersedian tenaga bidan desa, terutama di Desa Rantau Panjang. Jika ada warga yang melahirkan, mereka harus membawa ke puskesmas dengan menggunakan perahu.


(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews