Mengenang SPL Sorensen, Anak Petani yang Jadi Pakar Kimia

Mengenang SPL Sorensen, Anak Petani yang Jadi Pakar Kimia

S.P.L. Sorensen (Foto: Istimewa)

Siapa yang tak kenal SOREN Peder  Lauritz Sorensen. Ilmuwan yang lebih dikenal dengan nama S.P.L Sorensen itu anak seorang petani asal Denmark. Ia kemudian terkenal sebagai pakar kimia.

Denmark patut berbangga atas kecerdasan dan jasa S.P.L Sorensen yang mengenalkan skala asam basa atau skala pH kepada dunia.

Sampai hari ini, metode pengujian kadar alkanitas suatu zat yang dipeloporinya masih digunakan dalam dunia sains untuk berbagai kebutuhan makhluk hidup.

Meski awalnya dia berniat menggeluti dunia medis, tetapi karena bimbingan Sophus Mads Jorgensen, pendiri kimia koordinasi, ia membelokkan niatnya untuk mendalami Kimia.

Semasa berkuliah di Universitas Kopenhagen, S.P.L Sorensen meraih 2 medali emas dalam penemuan konsep radikal kimia dan studi senyawa sontrium yang juga ikut mempengaruhi kemajuan ilmu sains.

Selama berkuliah untuk program doktoralnya, ia pun menyambi sebagai asisten kimia laboratorium Danish Polytechnic Institute dan Survei Geoglogi Denmark.

Singkat cerita, S.P.L. Sorensen juga bekerja sebagai konsultan galangan kapal angkatan laut kerajaan.

Kariernya berlanjut hingga dia menjadi direktur departemen kimia Carlsberg Laboratory di Copenhagen yang menggantikan Johann Kjeldahl. Laboratorium itu dipergunakan untuk mengembangkan ilmu biokimia yang berkaitan dengan proses produksi Carlsberg. Kesempatan ini yang membawa dia menjadi pionir skala pH melalui pengujian sederhana dalam pengolahan bir.

Penemuan skala pH itu juga berkembang untuk mengetahui teori hujan asam, obat-obatan dalam dunia medis, makanan dan minuman, serta ilmu pengairan.

Peran sang istri

Prestasi gemilangnya tak lepas dari bantuan sang istri, Margrethe Hoyrup Sorensen yang juga ilmuwan di laboratorium yang sama.

Mereka mendalami lipoprotein serta meneliti kompleks karbon monoksida dan hemoglobin. Pada 1917, keduanya menjadi orang pertama yang berhasil mengkristalkan putih telur selama percobaan di laboratorium.

Atas jasa dan prestasi gemilangnya Google Doodle merayakan Sorensen sebagai pemrakarsa penguji alkalitas atau keasaman suatu zat melalui dua metodenya dengan skala pH.

Dunia patut meneladani S.P.L. Sorensen yang berlatar belakang seorang anak petani dengan etos kerja yang luar biasa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Google memperingatinya hari ini karena bertepatan dengan perkembangan 109 tahun penelitian soal pH.

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews