Didemo Mahasiswa, Pelindo Tunda Kenaikan Tarif Pas Pelabuhan

Didemo Mahasiswa, Pelindo Tunda Kenaikan Tarif Pas Pelabuhan

General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan.(foto:adi/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - PT Pelindo Cabang Tanjungpinang menunda kenaikan pas tarif pelabuhan Domestik maupun Internasional Sri Bintan Pura hingga 1 Juli 2018 mendatang, Senin (28/5/2018).

Sebelumnya PT Pelindo telah mengumumkan akan menaikkan tarif boarding pas Pelabuhan pada 1 Juni 2018, namun mendapat kritikan sejumlah pihak karena bertepatan menjelang ldul Fitri.

"Tak jadi, kenaikan di tunda 1 Juli mendatang, karena masalah waktu aja," kata General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan.

Sementara itu, Wayan mengatakan, perencanaan kenaikan tarif itu sudah dua tahun lalu dibahas bersama Pemko Tanjungpinang, DPRD Tanjungpinang dan pihak terkait. 

"Pembahasannya sudah dua tahun yang lalu, aturannya tahun lalu sudah 10 ribu, karena kesepakatan bersama maka tahun ini," ujarnya.

Wayan menilai sudah sewajarnya tarif boarding pas Sri Bintan Pura Tanjungpinang naik, karena tarif pelabuhan SBP saat ini paling rendah, dan PT Pelindo juga mengalami kerugian Rp 3,8 miliar.

"Tidak mencukupi kos operasional, kami tak dapat subsidi dari pemerintah, semuanya naik, wajar lah harganya segitu," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pelabuhan domestik sebelumnya Rp 5 ribu menjadi 10 ribu. Sementara untuk pas masuk pelabuhan Internasional bagi WNI sebelumnya Rp 35 ribu menjadi 40 ribu.

"Kemudian untuk Warga Negara Asing sebelumya Rp 55 ribu menjadi Rp 60 ribu," jelasnya.

(adi)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews