Demo Petugas Kebersihan Kota Batam

Kami Tak Pernah dapat THR, BPJS Juga Nggak Jelas..

Kami Tak Pernah dapat THR, BPJS Juga Nggak Jelas..

Jejeran mobil truk sampah DKP di depan Pemko Batam, Senin (28/5/2018). Para petugas kebersihan ini melakukan unjuk rasa menuntut hak THR dan kejelasan BPJS sebagai petugas kebersihan. (Foto: Yogi Sahputra/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Puluhah mobil truk sampah milik Pemko Batam kebersihan berjejer di Depan Kantor Wali Kota Batam, Senin (28/5/2018).

Para petugas honor kebersihan yang biasa mengoperasikan kendaraan ini menggelar aksi unjuk rasa. Hal ini mereka lakukan terkait kejelasan tunjangan hari raya (THR) dan kepesertaan BPJS.

"Sejak dulu kami tidak pernah dapat THR," ujar salah seorang diantaranya.

Selain terkait THR ujuk rasa kali ini juga meminta kejelasan BPJS. Karena beberapa kejadian kecelakaan yang menimpa petugas tidak ada mendapat jaminan dari BPJS. 

"Aksi ini spontan aja, tidak ada ketua aksinya," sebut pria itu

Terlihat puluhan mobil pengangkut sampah Dinas Kebersihan dan Petamanan terparkir sepanjang ruas jalan depan kantor Pemerintah Kota Batam. Beberapa personel kepolisian ikut menjaga lalu-lintas.

Pulusan masa tersebut langsung disambut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman Rozi.  Ia meminta kepada masa untuk menyampaikan aspirasi langsung ke pejabat terkait. "Mereka sudah saya minta datang ke kantor," kata Arman.

Arman mengatakan, menyampaikan aspirasi itu hal biasa. Namun ia tidak mau menyebutkan bentuk tuntutan para petugas kebersihan tersebut. "Mereka menyampaikan aspirasi soal pekerjaan. Nanti saya bilang tuntutannya ini, yang mereka inginkan lain ketika rapat," katanya. 

Kapolsek Batam Kota, Firdaus ikut mengamankan aksi. Ia mengatakan, sekitar 50 mobil ini sudah berada dilokasi ketika ia melakukan patroli.

"Jika ada permasalahan silahkan sampaikan di kantor pemerintah terkait, karena kalau demo akan membuat arus lalu lintas macet," ucapnya. Selang beberapa menit para masa akhirnya membubarkan diri. 

Aksi petugas kebersihan ini sudah rutin dilakukan hampir setiap tahun. Terutama mendekati Ramadan. Beberapa tahun lalu mereka sempat akan mengancam dengan membuang sampah dilokasi aksi. 

(tan)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews