Korea Utara Ledakan 3 Lokasi Nuklir

Korea Utara Ledakan 3 Lokasi Nuklir

foto: reuters

BATAMNEWS.CO.ID, Pyongyang - Pyongyang baru saja menunjukkan niat baiknya dengan menghancurkan situs nuklir utamanya. Mereka telah menghancurkan lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri.

Langkah tersebut menjad janji yang dibuat Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un pada akhir April lalu.

Dalam penghancuran lokasi disaksikan oleh 20 jurnalis internasional. Korea Utara hanya menerima satu kelompok kecil wartawan dari AS, Rusia, China, Inggris, dan Korea Selatan.

Niat baik Korea Utara ini dipandang sebagai bagian dari upaya perbaikan hubungan diplomatik antara Korea Utara dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat. Pyongyang mengatakan, lokasi uji coba nuklir Punggye-ri telah dibongkar.

Penghancuran terowongan ini dilakukan menjelang pertemuan tingkat tinggi antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang kemudian dibatalkan.

Beberapa peneliti mengatakan, tiga terowongan di Punggye-ri diduga telah roboh setelah uji coba nuklir keenam Korea Utara pada September 2017.

Terowongan tertua di situs itu telah runtuh beberapa tahun sebelumnya, tetapi tiga terowongan masih utuh. Dua ledakan dilakukan di pagi hari dan empat ledakan lain dilakukan pada siang hari.

"Kami mendaki ke pegunungan dan menyaksikan ledakan dari jarak sekira 500 meter," kata Tom Cheshire dari Sky News sebagaimana dilansir BBC, Jumat (25/5/2018).

(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews