Nikmatnya Buka Puasa di Masjid Bukit Indah Sukajadi, Menu Serasa di Restoran

Nikmatnya Buka Puasa di Masjid Bukit Indah Sukajadi, Menu Serasa di Restoran

Antusias anak-anak mengambil makanan ringan puasa di Masjid Bukit Indah Suka Jadi, Kamis (24/5/2018). (Foto : Yogi/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Masjid Bukit Indah Sukajadi, Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, banjir makanan berbuka puasa. Tak tanggung-tanggung, setiap hari panitia buka puasa bisa menyediakan hingga 1.300 makanan.

Makanan tersebut dibagikan secara gratis di perkarangan masjid menjelang berbuka. Ketua Panitia Ramadan 1439 H Masjid Sukajadi Agung Setiawan mengatakan, dari 1.300 makanan itu diantaranya 500 makanan pembuka dan 800 makanan pokoknya. 

"Kalau iftar (makanan pembuka) seperti gorengan, kue dan lainnya, sedangkan makanan pokok yaitu nasi dan lauknya," ujar Agung kepada Batamnews.co.id, Rabu (24/5/2018).

Buka puasa bersama di Masjid Bukit Indah Sukajadi sudah menjadi tradisi sejak tahun 2011. Setiap tahunnya jumlah makanan yang disediakan terus bertambah. 

"Tahun pertama hanya 100 porsi, Alhamdulillah sampai sekarang sudah 800 lebih, ditambah 500 untuk makanan ringannya," kata Agung di sela melayani jamaah yang berdatangan. 

Ribuan makanan puasa ini bisa terkumpul berkat sedekah yang diberikan warga setempat maupun jemaah tetap masjid Sukajadi. Pengumpulan dana sudah dimulai sejak 15 hari sebelum Ramadan. "Kadang ada tamu Jakarta datang mereka juga ikut menyumbang," ujarnya. 

Satu hari panitia menghabiskan anggaran Rp 20 juta sehari, selama bulan Ramadan bisa mencapai angka Rp 600 juta. 

"Semuanya (dana) sudah terkumpul, jika ada yang masih menyumbang, kita akan tambah jumlah makanannya," kata Agung. 

Meskipun memiliki anggaran yang cukup banyak. Panitia Ramadan Masjid Sukajadi tidak membeli makanan jadi, namun dimasak sendiri dengan mendirikan dapur umum. 

"Kita undang tiga perusahaan catering, kemudian dipilih satu untuk masak di sini," ujarnya. 

Agung menjelaskan, kalau memiliki dapur umum pihaknya bisa mengawasi kondisi makanan, baik segi halal, segarnya bahan yang digunakan dan lainnya. 

"Kalau masak disini makanan yang disediakan juga lebih panas," katanya. 

Menu restoran

Tidak seperti buka puasa di masjid kebanyakan. Masjid Bukit Indah Sukajadi  menyediakan berbagai macam menu seperti di restoran. Satu hari terdapat lima menu makanan. 

"Menu ada masakan Padang, masakan Jawa, masakan nasional lainnya, jadi orang bisa memilih sesuai dengan seleranya," katanya.

Buka puasa bersama ini berlangsung di perkarangan masjid. Disediakan tenda dan kursi untuk pera pengunjung, kursi bagian perempuan dan laki-laki terpisah. 

"Warga antusias sekali, karena mereka sudah tahu sejak awal. Selain itu masjid ini juga berada di persimpangan jalan utama. Orang pulang kerja waktunya tidak cukup biasanya mampir di sini," ucapnya.

Tidak jarang kewalahan ketika jumlah orang yang datang melebihi jumlah makanan. "Karena memiliki dapur umum kita bisa langsung order," kata Agung sambil menunjukan dapur umumnya.

Menurut Agung, yang terpenting tingkat kesadaran jamaah untuk bersedekah terus meningkat setiap tahunnya. 

"Temanya memang melayani jamaah untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan," katanya. Sebelum berbuka puasa, panitai juga menghadiri ustadz untuk ceramah. 

Nah bagi jemaah yang penasaran bagaimana nikmatnya berbuka puasa di Masjid Bukit Indah Sukjadi ini, lokasinya tak jauh dari Kompleks Khazanah Plaza, Sukajadi, Batam.

(yes)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews