Jalan Kebun Raya Batam Habiskan Rp 7 Miliar

Jalan Kebun Raya Batam Habiskan Rp 7 Miliar

Kebun Raya Batam (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menambah pembangunan infrastruktur jalan Kebun Raya (KR) Batam. Total anggaran mencapai Rp 7 miliar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis, Adek Lonavia mengatakan, jalan tersebut diberi nama Jalan Koleksi. Sepanjang sisi kanan dan kiri jalan yang dibangun akan dipajang koleksi tanaman Kebun Raya Batam.

"Jalan ini tempat orang berjalan santai, pakai motor pun bisa. Kiri kanan jalan, akan dikelompokkan family tanaman dalam beberapa zona," terang Adek, Rabu (23/5/2018).

Untuk pengerjaan jalan ini dilakukan langsung oleh KemenPUPR. Jalan ini memiliki lebar 6 meter yang memanjang hingga 700 meter. Sepanjang jalan kelak akan dipenuhi tanaman yang dapat memanjakan mata pengujung, seperti berbagai macam bunga.

"Ini hanya proyek fisik jalan. Pengerjaannya kami (Pemko Batam) tidak ikut campur," katanya.

Mengenai koleksi tanaman di Kebun Raya sudah mencapai puluhan ribu tanaman. Pengembangan koleksi ini bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). "Ada 10 ribu tanaman koleksi," ucapnya.

Sementara itu, Plt Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperkimtan), Eryudhi Apriadi mengatakan pembangunan fisik yang sudah mulai dikerjakan Mei ini ditargetkan rampung tahun ini juga. "Oktober selesai, awal November sudah operasional," ujar Ery.

Kebun Raya Batam terletak di Kecamatan Nongsa,keberadaan Kebun raya dapat juga menjadi salah satu objek wisata kebanggan Batam.

(ret)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews