Sakit Kepala Saat Puasa? Begini Langkah Pencegahannya

Sakit Kepala Saat Puasa? Begini Langkah Pencegahannya

foto: indowarta.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Sakit kepala saat puasa terkadang memang cukup mengganggu aktivitas. Namun sebaiknya Anda tidak buru-buru memutuskan untuk membatalkan puasa.

Untuk menghindari batal puasa karena sakit kepala, langkahnya tidak harus meminum obat. Berikut ini ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit atau sebelum diserang sakit kepala.

1. Ketahui Penyebab Sakit Kepala

Setelah mengetahuinya, maka Anda akan bisa mengobatinya dengan tepat sasaran tanpa harus membatalkan puasa. Biasanya mereka yang sangat aktif dan punya banyak kesibukan kurang memiliki waktu istirahat.  

Mungkin saat menjalankan ibadah puasa, mereka biasanya tidur larut di malam hari dan masih harus berbuka sahur. Karenanya, jam tidur jadi terpotong dan kurang. Nah, di pagi hari sakit kepala akan menyerang.

2. Curi Waktu untuk Tidur Siang Sejenak

Tidur siang saat puasa tidak harus berjam-jam. Waktu tidur siang setidaknya 15-20 menit sudah membantu tubuh istirahat dan lebih segar.

Biasakan juga tidur tidak terlalu larut, sehingga tubuh tidak terlalu kelelahan.

3. Pilih Menu Sahur dan Berbuka Terbaik

Jika pusing karena rasa lapar yang menyerang, maka solusinya adalah pilihlah menu sahur dan berbuka terbaik, yang memberikan nutrisi penting serta membuat tubuh kenyang lebih lama.

4. Kurangi Kafein

Beberapa orang mengeluhkan sakit kepala karena konsumsi kafein. Disarankan agar lebih baik mengurangi konsumsi kafein dan membatasinya sepanjang Ramadan.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews