8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Batam untuk Mudik Lebaran

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Batam untuk Mudik Lebaran

Ogura red velvet (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tak terasa, bulan puasa tahun ini sudah berjalan hampir seminggu. Saatnya siap-siap mudik Lebaran.

Bingung mau bawa apa untuk oleh-oleh pulang kampung? Berikut daftar oleh-oleh khas Batam yang bisa dijadikan untuk oleh-oleh mudik Lebaran.

1. Bingka Bakar
Kue ini berasal dari Kerajaan Melayu. Kue ini termasuk cemilan favorit di Batam.

Bentuknya mirip dengan Bika Ambon. Namun, kue ini diolah dengan cara dipanggang sehingga aromanya sangat harum.

Bingka Bakar adalah pilihan yang cocok untuk oleh-oleh dari Batam ketika mudik lebaran. Kue ini tersedia dalam rasa coklat, stroberi, pandan, wijen, dan keju.

Bingka Bakar juga banyak dijual di pusat oleh-oleh yang ada di Batam.

2. Kek Pisang Villa
Kue khas Batam ini selalu menjadi incaran para wisatawan. Kek Pisang Villa mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Batam.

Ada berbagai pilihan topping,  mulai dari keju, kacang, dan coklat. Kue ini cukup praktis dan awet untuk dibawa keluar kota.

3. Bilis Molen

Bentuknya mirip pisang molen. Tapi isinya  ikan teri.

Bilis Molen bisa dijadikan lauk untuk lauk. Makanan ringan ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Batam.

Cemilan ini wajib kamu beli ketika pulang dari Batam.

4. Luti Gendang
Luti Gendang terbuat dari adonan roti. Bentuknya mirip kroket.

Jika kroket diisi dengan ragout, Luti Gendang diisi dengan ikan yang sudah dimasak dengan rempah-rempah tertentu. Seperti roti goreng pada umumnya, tekstur dari roti ini sangat renyah di bagian luarnya, namun sangat lembut dan lumer di bagian dalamnya.

 

5. Batam Ogura

Rasa kek di Batam Ogura tak perlu diragukan lagi. Kek yang inspirasinya berasal dari pastry di negara matahari terbit memiliki berbagai varian rasa yang menggoda. Soal rasa jangan khawatir karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Teksturnya lembut bakal bikin kamu ketagihan. Batam Ogura ada lima varian rasa yaitu: ogura cheese, ogura choco, ogura greente, ogura red velvet, dan ogura durian. Bagi yang belum pernah mencoba sebaiknya segera mencoba, dijamin bakal ketagihan.

 

6. Brownies Lava

Brownies ini ketika di potong akan memunculkan lelehan coklat yang lezat. Ada beberapa varian rasa brownies.

Ada rasa kacang, rasa blackforest dan ada juga rasa chesecake. Brownies lava ini cocok sebagai oleh-oleh khas Batam untuk mudi lebaran.

7. Kue Batang Buruk

Makanan ini bernama kue batang buruk. Mencicipi kue ini, maka akan menemukan sensasi rasa yang benar-benar lumer di mulut.

Kue ini memang memiliki penampilan yang kurang cantik. Namun mengenai rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Kue kering istimewa ini merupakan kue yang jaman dahulu sering digunakan sebagai kue untuk tamu-tamu penting. Saat ini kue ini menjadi kue yang wajib ada ketika idul fitri.

8. Keripik Kari
Keripik kari menyajikan rasa kari yang gurih. Rasa kari ini membuat keripik ini istimewa.

Selain itu ada aroma dan cita rasa gonggong yang menggugah selera. Keripik ini terbuat dari tepung terigu, daun kari dan juga ada ekstrak gonggong yang sangat gurih dan bergizi.

Gonggong merupakan salah satu jenis seafood khas Kepulauan Riau. Gonggong sengaja dipilih sebagai pelengkap rasa pada keripik karena gonggong memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki aroma yang cukup kuat.

(deb)

 

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews