Tiga Event Bintan Masuk Kalendar Nasional

Tiga Event Bintan Masuk Kalendar Nasional

Tour de Bintan. (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI memasukan 110 kegiatan yang tersebar di seluruh daerah dalam kalender event tahunan pariwisata Indonesia.

Diantaranya 100 kegiatan ditetapkan ke dalam kalender wonderful event dan 10 kegiatan ke dalam kalender nasional event.

"Kita sudah mengkurasi event-event di seluruh Indonesia. Hasilnya ada 110 event yang ditetapkan ke dalam kalender wonderful event dan nasional event," ujar Ketua Pelaksana Kalender of Event, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Esthy Reko Astuti, Sabtu (19/5/2018).

Dari total tersebut, 7 event berada di Provinsi Kepri. Yaitu 6 kegiatan masuk ke dalam kalender wonderful event dan 1 kegiatan masuk dalam kalender nasional event.

Khusus di Kabupaten Bintan ada 3 event yang masuk kalender ini. Selebihnya di kabupaten/kota lainnya.

Event itu adalah Tour de Bintan dan Triathlon Bintan yang masuk ke dalam kalender wonderful event dan Ironman 70.3 Bintan ditetapkan sebagai nasional event.

"Bintan ada 3 ajang olahraga masuk ke dalam kalender event pariwisata Indonesia. Dua diantaranya wonderful event dan 1 lagi nasional event," jelasnya.

Kurasi event ini tidak main-main dan telah melalui penilaian yang ketat dan terjamin. Sebab penilaiannya dilakukan oleh kurator yang profesional.

Dasar penilaian event itupun mencakup beberapa hal yaitu mampu atau bisa mendatangkan kunjungan wisatawan dengan jumlah besar ke Indonesia, berdampak pada peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat.

Bagi event yang telah masuk dan ditetapkan ke dalam kalender event akan dikucurkan bantuan dana yang berbeda-beda.

Khusus Tour de Bintan dan Triathlon Bintan masing-masing dialokasikan Rp 1 miliar sedangkan Ironman 70.3 Bintan mendapatkan sokongan dana Rp 1,5 miliar.

"Dukungan nilai anggaran yang kami berikan itu ada dua kategori. Yaitu untuk wonderful event mendapatkan Rp 1 miliar dan nasional event Rp 1,5 miliar," katanya.

Kemenpar RI harapkan dengan ditetapkannya 3 ajang olahraga dalam kalender event mampu mendongkrak okupensi di Bintan. Apalagi daerah ini letaknya sangat strategis yaitu dekat dengan negara-negara tetangga.

"Kami tidak sekedar berharap tapi juga akan ikut membantu. Salah satunya dengan mengucurkan anggaran untuk promosi ke negara-negara yang menjadi pangsa pasarnya," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews