Jawaban Ustad Abdul Somad soal Tak Masuk Daftar Nama Mubalig Kemenag

Jawaban Ustad Abdul Somad soal Tak Masuk Daftar Nama Mubalig Kemenag

Ustad Abdul Somad

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Nama Ustad Abdul Somad tak masuk ke dalam 200 mubalig yang rekomendasikan Kementerian Agama untuk mengisi kegiatan keagamaan.

Ustad Abdul Somad pun menjawab di di akun Instagram-nya. Ia menampilkan tangkapan layar percakapan WhatsApp dengan seseorang. 

"Bagaimana tanggapan Ustad, Ustad tidak termasuk dalam 200 mubalig rujukan Kemenag?" tanya seseorang.

Ustad Abdul Somad merupakan salah satu dai kondang di Tanah Air. Namun, di dunia maya, banyak kontroversi atas ceramah-ceramah yang dilakukan Abdul Somad.

Jawaban Ustad Abdul Somad adalah, "Sebab, Kemenag tidak ingin mengecewakan masyarakat, karena saya penuh sampai April 2020." 

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuturkan pembuatan daftar 200 nama penceramah Islam rekomendasi kementeriannya itu berdasarkan permintaan masyarakat. 

Ia menjelaskan, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi penceramah oleh masyarakat, dan belakangan ini permintaan itu meningkat.

“Sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig,” kata Lukman.

Ia menjelaskan, nama-nama yang direkomendasikan itu telah memenuhi tiga kriteria, yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, mempunyai reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan tinggi.

Kebijakan Lukman yang tidak menyertakan Ustad Abdul Somad dalam daftar penceramah rekomendasi itu mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah. Dia menilai seharusnya Lukman mengundang UAS untuk berceramah di Istana agar wawasan para pejabat di sana menjadi terbuka.

Daftar nama itu pun kemudian menjadi polemik di tengah masyarakat. Kemenag dianggap pilih kasih dalam merekomendasikan nama-nama tersebut.

Namun demikian, pihak Kemenag menyatakan nama-nama tersebut bisa berubah seiring dengan permintaan masyarakat.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews