5 Mitos Tentang Puasa

5 Mitos Tentang Puasa

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Berpuasa merupakan ibadah yang harus kita jalankan di bulan Ramadan. Namun, saat menjalankan ibadah ini, ada banyak hal yang perlu diketahui, termasuk berbagai mitos yang ternyata tak benar tentang puasa.

Berikut ini ada beberapa mitos seputar puasa Ramadan yang tak benar dan harus dihindari.

1. Anda harus berpuasa apapun yang terjadi

Salah satu mitos paling umum tentang puasa Ramadan adalah Anda harus berpuasa apapun yang terjadi. Puasa selama Ramadan hanya diharapkan dari mereka yang sehat dan cukup baik untuk melakukannya.

Jika Anda sakit, hamil, atau menyusui, maka Anda dibebaskan dari puasa. Anak-anak kecil dan orangtua juga boleh tak puasa bila tidak kuat atau tidak memungkinkan kondisi fisiknya.

2. Tidak bisa menjalani pengobatan

Berobat selama bulan Ramadan dianggap membatalkan puasa. Padahal sebenarnya, jika memang dibutuhkan dan mendesak, mereka yang menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat tetes mata, tetes telinga, suntikan dan infus uretra diperbolehkan. Namun, obat-obatan yang diminum melalui mulut barulah dianggap membatalkan puasa.

3. Tidak boleh menggosok gigi

Menyikat gigi selama Ramadan tentu saja boleh bahkan diwajibkan. Ramadan adalah bulan mencari kemurnian, baik fisik dan spiritual, sehingga kebersihan fisik sangat didorong.

4. Ramadan hanya tentang puasa dan makanan

Makan dan minum bukan satu-satunya kegiatan yang harus dihindari selama Ramadan. Ada juga fokus untuk menghindari perbuatan dosa yang dilakukan mulut misalnya, memfitnah, bergosip, atau berbohong. Selama siang hari, umat Muslim juga harus menjauhkan diri dari pertengkaran atau amarah, merokok dan seks.

5. Tidak boleh menelan air liur Anda sendiri

Tentu saja tidak mungkin untuk tidak menelan air liur Anda sendiri, karena itu adalah refleks alami. Yang membatalkan puasa adalah menelan air liur orang lain, termasuk mencium pasangan, karena inti dari puasa adalah kemampuan untuk mengendalikan hasrat Anda.

(kin)


 

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews