Pedagang Petasan Mulai Buka Lapak di Lingga

Pedagang Petasan Mulai Buka Lapak di Lingga

Salah seorang warga sedang membeli petasan (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Beberapa hari jelang Bulan Ramadan 1439 Hijriah, sejumlah pedagang petasan dan kembang api mulai berjualan di Lingga. Jenis petasan dijual beragam, seperti petasan ukuran besar, sedang hingga kecil.

Salah seorang pedagang petasan, Yeni mengaku hanya berjualan di saat bulan puasa, hari raya dan tahun baru. Menurutnya peluang bisnis yang menjanjikan, keuntungannya juga cukup lumayan.

"Saya tiap tahun berjualan petasan saat di bulan puasa, lebaran dan momen tahun baru. Ini saya baru buka, baru dua hari di Daik ni," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (18/5/2018).

Dia menjelaskan, petasan dan kembang api yang dijajakannya itu didatangkan dari Tanjungpinang dan Jambi. Sementara untuk harga yang dijual tergantung bentuk dan jenisnya.

"Harganya bervariasi, Rp 1000, Rp 5000, ada juga yang harganya sampai ratusan. Kalau yang ratusan itu biasanya kembang api besar," ucapnya.

Ia yang sudah malang melintang menjadi pedagang musiman itu, mengaku hingga saat ini belum ada larangan dan imbauan dari aparat ataupun pemerintah setempat, terkait penjualan petasan tersebut.

Dia mengetahui bahwa petasan dengan daya ledak besar, sudah dilarang. Karena bisa membahayakan bagi masyarakat dan pengguna.

"Yang saya jual masih petasan yang aman-aman saja. Karena rata-rata daya ledakannya kecil. Adapun yang besar, tapi bukan yang meledak di bawah, tapi di atas udara," katanya.

Kehadiran petasan disaat Bulan Suci Ramadan terutama di Lingga, sudah menjadi hal yang lumrah.

(ruz)

 

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews