Dinkes Batam Pantau Bazar Ramadan, Ini yang Dicek

Dinkes Batam Pantau Bazar Ramadan, Ini yang Dicek

Bazar Ramadan. (Foto: Ilustrasi, Net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tim dari Dinas Kesehatan Kota Batam akan turun ke bazar-bazar Ramadan untuk mengecek kelayakan jajanan dan makanan yang dijual para pedagang.

"Kami menyisir semua tempat penjualan. Karena yang turun adalah tim Puskesmas, mereka turun di wilayah masing-masing. Tiap tim sekitar lima orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan, Didi di Kantor Walikota Batam, Kamis (17/5/2018).

Untuk melakukan pengecekan, setiap Puskesmas sudah memiliki kit atau perlengkapan untuk pengecekan bahan berbahaya di makanan. Ada empat bahan yang bisa dicek dengan kit ini yaitu formaldehid, boraks, rodhamin B, methil yellow.

"Dua pewarna, dua pengawet. Nanti hasil dari pemantauan, kalau ditemukan, akan langsung kita ekspos, langsung kita umumkan," katanya.

Didi mengatakan bagi pedagang yang menggunakan bahan pewarna dan pengawet non-makanan akan diberi pembinaan oleh tim Dinas Kesehatan.

Namun untuk pedagang yang sudah berulang kali melanggar, akan disanksi sesuai undang-undang Keamanan Pangan.

Selain itu, pihaknya juga akan mengecek bahan makanan yang ada di toko-toko. Sebelumnya DInas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menemukan kandungan berbahaya di bahan makanan.

"Setiap tahun kami rutin mengecek bahan makanan tahun ini juga demikian," katanya.

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau juga akan mengintensifkan pemeriksaan bahan pangan di pasar-pasar tradisional dan ritel modern sepanjang Ramadhan.

Kepala BPOM Kepri, Yosef Dwi Irawan mengatakan, tim turun untuk memastikan seluruh pangan yang dijajakan sehat untuk dikonsumsi, tidak mengandung formalin, borax, dan bahan berbahaya lainnya, termasuk pestisida berlebihan pada pangan segar.

"Pemeriksaan itu bagian dari komitmen kami memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata Yosef.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews