Harga Pangan di Lingga Stabil Jelang Ramadan

Harga Pangan di Lingga Stabil Jelang Ramadan

foto: harnas.co

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Harga sejumlah bahan pangan di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau jelang Ramadan secara umum stabil.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Badoar Herry mengatakan, sesuai pemantauan yang dilakukan di Pasar Dabo Singkep, Jumat (11/5/2018) kemarin, belum ditemukan penimbunan bahan pokok.

"Ada yang naik, tapi selisihnya Rp 1000 saja. Tapi tidak semua bahan pokok. Misalnya di telor yang naik," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (14/5/2018).

Meski dalam kondisi stabil, beberapa komuditas yang mengalami fluktuasi/kenaikan harga hingga lebih dari 20 persen, seperti mentega blue band, hampir semua jenis ikan, telur ayam ras, wortel, cabai rawit lokal dan susu jenis prenjak.

"Sejumlah bahan pangan yang naik itu karena biaya transportasi yang tinggi, kemudian semakin banyaknya permintaan," ujarnya.

Secara spesifik, harga masing-masing komoditi seperti bawang merah lokal (bawang merah Jawa) mengalami deflasi/penurunan harga. Hasil terakhir bulan Desember 2017 di harga Rp 40.000/kg mengalami penurunan di bulan Mei ini menjadi Rp 32.000/kg.

Sementara itu, untuk harga daging ayam stabil, karena stok dari peternak lokal masih mencukupi. Harga daging ayam saat ini Rp 38.000/kg.

Harga daging sapi menjelang Ramadhan di Pasar Dabo masih dihargai Rp 140.000/kg.

"Untuk komoditi beras, memang ada kenaikan harga, tapi masih dalam batas stabil, baik untuk jenis beras premium maupun medium kenaikan rata-rata berkisar 1-4 persen saja," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews