Pihak Bandara Sambut Baik Pengembangan Sektor Pariwisata Majalengka

Pihak Bandara Sambut Baik Pengembangan Sektor Pariwisata Majalengka

BATAMNEWS.CO.ID, Majalengka –Tancap gasnya pariwisata di Majalengka dengan dorongan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendapat respon positif dari pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

Direktur Utama BIJB, Virda Dimas Eka Putra mengatakan, BIJB siap mendukung mempromosikan pariwisata Majalengka pada khususnya dan Jawa Barat pada umum. Diantaranya dengan memberikan space untuk mempromosikan potensi pariwisata Majalengka. Virda juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang terus konsisten mempromosikam Jawa Barat.

"Kami pun siap mendukung semua program pemerintah termasuk Kemenpar. Salah satu langkah konkritnya adalah di Bandara nanti, tepatnya di lantai tiga BIJB kami sediakan space untuk mempromosikan keindahan objek wisata Majalengka kepada  penumpang yang baru mendarat. Lokasi tersebut sangat strategis, apalagi bentuknya sangat menarik berupa dome berbentuk pohon jati," ujar Virda ketika ditemui usai menjadi pembicara di Focus Group Discussion (FGD) Strategi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Majalengka di Aula Kantor Disbudpar Majalengka, Jumat (11/5).

Selain itu, lanjut Virda, ada dua taman di area kedatangan yang dapat digunakan untuk menampilkan pertujukan kesenian daerah sehingga menggundang minat wisatawan untuk menyaksikan. "Itu kami sediakan dengan tujuan dapat mendorong pariwisata di Majalengka, jika semua bersatu, maka pariwisata pasti maju. Saya itu optimis banget dengan pariwisata Jawa barat. Permasalahannya itu hanya satu, soal akses, nah akses itu sudah punya solusi yakni bandara," imbuhnya. 

Virda juga mengatakan sebagai upaya mendongkrak promosi pariwisata di Majalengka, pihaknya juga mengadakan gethering dengan para agen travel. Hal ini untuk merumuskan destinasi pariwisata di Majalengka yang dapat dipromosikan kepada wisatawan. Dimana nantinya akan dibuat paket-paket wisata yang dapat dipilih oleh para wisatawan.

"Keberadaan BIJB yang akan diresmikan 21 Mei ini harus menjadi stimulus kemajuan pariwisata Majalengka pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya. Untuk itu kami juga akan terus meramu berbagai langkah strategis untuk memperkuat sektor pariwisata," ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Arthur Supardan Nalan. Kata dia, Rotor Pariwisata Provinsi Jawa Barat (Jabar) dipastikan akan semakin kencang. Setelah nantinya Bandara tersebut resmi dioperasikan. Selama ini, kelemahan di Provinsi Jabar bagian selatan dan timur adalah akses. Hal ini dikarenakan tidak adanya jalur udara yang bisa mengangkut wisatawan dengan cara direct flight. 

"BIJB merupakan peluang besar bagi pengembangan pariwisata Provinsi Jabar. pertumbuhan dan perkembangan pariwisata yg selama ini terbatas akan meluas dengan adanya BIJB Kertajati. Bukan hanya daerah Majalengka dan Cirebon, bahkan sampai ke kawasan Ciamis, Tasik dan Garut, hingga sampai kawasan Geooark Ciletuh Sukabumi," katanya.

Arthur menuturkan, Provinsi Jabar dikaruniai dengan berbagai potensi pariwisata. Bentangan pegunungan bertanah subur dan juga garis pantai yang elok, membuat Provinsi Jabar nyaris memiliki semuanya. Selain itu, keanekaragaman seni dan budaya serta kuliner yang ada di Provinsi Jabar, memiliki daya tarik yang besar dalam menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

"Pariwisata Jabar akan memasuki babak baru dengan beroperasinya BIJB Kertajati. Seluruh potensi pariwisata akan terbuka lebar. Tentunya hal ini akan mengundang banyak wisatawan untuk datang dan menikmati Jabar. Imbasnya tentu peningkatan perekonomian masyarakat," papar pria yang akrab disapa Prof. Arthur tersebut.

Memiliki luas lahan 1.800 hektar, BIJB Kertajati memiliki terminal berkapasitas  5,6 juta penumpang pertahun pada tahap pertama. Konsep smart Airport pun dianut oleh BIJB. Dukungan fasilitas seperti airport miniature, mini cinema, aircraft simulator, pusat teknologi kreatif, serta aciation training center research and development center juga dipersiapkan. 

Bandara tersebut memiliki landas pacu berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter.

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto mengapresiasi dukungan pengelolaan BIJB. Hariyanto mengatakan dukungan ini semakin memperkuat pariwisata Majalengka.  Inilah, imbuh Hariyanto, yang selalu diungkapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bahwa akses merupakan bagian wajah baru pariwisata Indonesia. Kemudahan akses udara merupakan prioritas penting dalam mendongkrak pariwisata Indonesia. Saat ini Kemenpar memang sedang memperjuangkan habis-habisan Konektivitas udara. Sehinga akses wisatawan akan semakin mudah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya semakin yakin pariwisata Majalengka dan Jawa Barat akan semakin terdongkrak dengan dukungan semua pihak. Apalagi dukungan itu juga hadir dari pengelola BIJB. 

"Tidak bisa dipungkiri aksesibilitas merupakan salah satu hal penting dalam meningkatkan pertumbuhan pariwisata. Potensi besar pariwisata Majalengka khususnya dan Jawa Barat umumnya akan semakin terangkat dengan hadirnya BIJB. Pengelola BIJB pun berkomitmen kuat untuk mendorongnya. Saya yakin percepatan dapat dilakukan. Maju terus pariwisata Majalengka dan Jawa Barat keseluruhan," kata Menpar Arief Yahya.

(*)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews