Taksi Terbang Uber Air Layani Tahun 2028

 Taksi Terbang Uber Air Layani Tahun 2028

Mobil terbang perdana Uber yang dipamerkan di CES 2018. (Foto: The Verge)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mobil terbang bukan lagi sekedar hayalan. Pasalnya Uber akan menghadirkan layanan taksi berupa mobil terbang.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (11/5/2018), taksi terbang ini akan mengusung desain kendaraan electric vertical take-off and landing (eVTOL). 

Kendaraan ini dibekali dengan lima baling-baling. Empat baling-baling yang tersedia digunakan untuk pesawat lepas landas dan mendarat. 

Sebagai bukti keseriusannya, rencananya, Uber akan melakukan uji coba perdana di Los Angeles dan Dubai pada 2020. Sedangakan layanan dengan nama Uber Air ini akan mulai tersedia untuk umum pada 2028.

"Kami berpikir tranportasi yang ada di kota juga akan mengarah vertikal, dan kami ingin membuatnya menjadi kenyataan," tutur CEO Uber Dara Khosrowshahi.

Dari segi safety juga diperhatikan, kelengkapan komponen yang ada kendaraan ini lebih aman ketimbang helikopter tradisional.

Apalagi lajunya, melaju dengan kecepatan hingga 241 km/jam dana menempuh jarak 96km dalam satu kali pengisian daya.

Meski akan dijalankan oleh pilot manusia, Uber berencana untuk menerbangkan kendaraan ini secara otonomos. Nantinya, satu kendaraan dapat mengangkut hingga empat penumpang sekaligus.

Kendati terlihat mahal, Uber memastikan tarif perjalanan dengan eVTOL ini tetap terjangkau oleh banyak orang. Dalam proyek ini, juga bekerja sama dengan NASA untuk mengembangkan sistem kontrol lalu lintas.

Uber sendiri baru saja memamerkan taksi terbang perdananya di Consumer Electronic Show (CES) 2018. 

(kin)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews