Google Siapkan Aplikasi Android untuk Tunanetra

Google Siapkan Aplikasi Android untuk Tunanetra

(foto: BGR.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Google sedangkan menyiapkan aplikasi Android baru bernama Lookout, aplikasi untuk membantu para gangguan penglihatan atau tunanetra.

Teknologi yang digunakan berupa kamera di perangkat Android untuk mendeteksi lingkungan sekitar. Lookout sebagai pemandu jalan, dapat mengenali objek atau medan di lingkungan sekitar penggunanya.

Contoh, aplikasi akan memberi tahu pengguna bahwa 'ada kursi arah jarum jam 3', sehingga mereka tak menabrak dan bisa menghindarinya.

baca juga :

Musnahkan Narkoba, Polresta Barelang Sisihkan Ganja dan Sabu

 

Pengguna Lookout memakai smartphone Pixel yang dikalungkan di leher atau saku baju dengan kamera menghadap ke depan.

"Lookout mengirimkan informasi pemberitahuan suara, didesain untuk digunakan dengan interaksi minimal yang memungkinkan orang untuk terus melakukan aktivitas mereka," kata manajer produk untuk Central Accessibility Team Google, Patrick Clary, seperti dikutip CNET.

Terdapat empat mode yang tersedia di dalam aplikasi: Home, Work&Play, Scan, dan Experimental. Keempatnya memiliki fungsi masing-masing, misal Home dan Work&Play penggunaan dalam rumah dan kantor, sementara Scan untuk memindai tulisan yang kemudian dibacakan oleh aplikasi.

Aplikasi diperkirakan tersedia di Google Play Store dalam waktu dekat tahun ini. Tidak menutup kemungkinan Lookout juga tersedia untuk iPhone atau iPad, mengingat Google baru saja menghadirkan Google Lens versi iOS.

(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews