3 Macam Flek di Wajah dan Cara Menghilangkannya

3 Macam Flek di Wajah dan Cara Menghilangkannya

BATAMNEWS.CO.ID, - Noda berupa bintik atau bercak di kulit wajah ternyata ada macam-macam penyebabnya. Cara mengobatinya pun berbeda-beda.

Jika Anda memiliki noda di wajah dan bermaksud menghilangkannya, coba kenali jenis dan penyebabnya. Setidaknya, ada 3 macam noda di wajah berdasarkan penyebab dan kondisinya, seperti penjelasan berikut ini.

1. Lentigo
Lentigo adalah bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar UV matahari. Lentigo 90 persen terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada pria maupun wanita usia muda karena paparan matahari.

Bintik-bintik lentigo tampak menyebar dan tidak ada pola tertentu. Jika Anda cenderung mendapatkan paparan sinar matahari tinggi dan Anda tidak memakai banyak tabir surya, Anda mungkin memiliki lentigo.

Pengobatan luar langsung (topikal) pada bagian kulit yang bermasalah dan menghindari paparan sinar matahari adalah cara terbaik untuk menyingkirkan jenis hiperpigmentasi ini.

2. Melasma
 Merupakan jenis bintik hitam yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal. Melasma dapat terjadi pada wanita ketika mengalami fluktuasi hormon seperti selama kehamilan atau menopause.

Melasma juga bisa terjadi karena efek samping dari pil KB dan perawatan terapi hormon. Disfungsi tiroid juga bisa menjadi penyebab melasma.

 Melasma karena hal-hal tersebut di atas mungkin sulit untuk diobati. Pengobatannya tergantung pada penyebabnya.

3. Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI)
Merupakan bintik-bintik hitam yang terjadi akibat trauma pada kulit yang dapat disebabkan oleh psoriasis (penyakit kulit yang ditandai oleh adanya bercak-bercak gelap), luka bakar, jerawat, dan perawatan tertentu yang bersifat keras pada kulit.

PIH mudah diobati, bahkan mungkin hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews