Bahasa Melayu akan Diperbanyak di KBBI Online

Bahasa Melayu akan Diperbanyak di KBBI Online

KBBI online (Foto: Google)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kosa kata bahasa Melayu diminta dimasukkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring. Kosa kata ini nantinya bisa diakses melalui internet.

Pusat Pengembangan dan Perlindungan Kosa Kata Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Kantor Bahasa Provinsi Kepri menyelenggarakan acara Diseminasi Pengayaan Kosa Kata Bahasa Indonesia di Confort Hotel Tanjungpinang,Kamis (26/4).

Diseminasi Pengayaan Kosa Kata ini dilakukan dalam rangka menjaring dan menyusun kosa kata bahasa Melayu untuk dimasukkan kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring yang bakal diluncurkan.

Hal ini disampaikan Peneliti Pengembangan dan Pembinaan bahasa Badan Pengembangan dan Perlindungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Drs Menuk Hardaniwati M.Pd dalam sambutannya.

Menuk menuturkan acara Diseminasi ini bertujuan untuk ikut melibatkan masyarakat khususnya Melayu Kepri untuk menyumbangkan kata-kata bahasa Melayu yang bakal masuk dalam KBBI Daring.

"Seiring berjalannya waktu banyak kata-kata baru yang diperbaharui untuk dimasukkan dalam KBBI daring dan dibukukan," ungkap Menuk.

Apalagi melihat, bahasa Melayu merupakan cikal bakal bahasa Indonesia sehingga dirasa perlu untuk kembali menambah bahasa Melayu masuk menjadi kosa kata  ke dalam KBBI tersebut.

"Untuk itu melalui kegiatan diseminasi ini dikumpulkan peserta dari berbagai kalangan baik Mahasiswa, dosen, guru, tokoh adat dan masyarakat Kepri lainnya sebagai penyumbang saran penyusunan kosa kata pada KBBI daring ini," ungkap Menuk.

Sementara itu, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Drs.Ing Kalwin Salim selaku pembicara mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepri melalui dinas pendidikan provinsi Kepri memiliki kewenangan untuk mengembangkan bahasa daerah menjadi salah satu pembelajaran bagi generasi muda Kepri.

(snw)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews