Pelatihan Coding Bagi Ibu Rumah Tangga, Hadapi Tantangan Era Digital

Pelatihan Coding Bagi Ibu Rumah Tangga, Hadapi Tantangan Era Digital

Pelatihan yang bertajuk Coding Mum ini dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan kerjasama Universitas Universal melalui program studi (Prodi) Teknik Informatika. (Foto: Margareth/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Para Ibu rumah tangga di Kota Batam mendapatkan pelatihan Coding (Kode pemograman dalam komputer) di Universitas Universal, Jumat (26/4/2018).

Pelatihan yang bertajuk Coding Mum ini dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan kerjasama Universitas Universal melalui program studi (Prodi) Teknik Informatika.

Ketua Prodi Teknik Informatika Universitas Universal, Ahmad Fitriansyah mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemrograman kepada para Ibu Rumah Tangga. Keahlian pemrograman bagi para Ibu rumah tangga ini dilakukan berdasarkan perkembangan era digital.

“Mengapa Ibu-ibu? Karena jika Ibu pintar sehingga dapat mengajarkan anak-anaknya, dan bisa meraih peluang di era digital,” ujar Ahmad.

Selain itu, alasan lain dari Coding Mum ini untuk memberikan pengetahuan bagi para Ibu-ibu agar dapat membantu penghasilan keluarga. Karena penyebab perceraian di Batam ini diketahui adalah masalah ekonomi.

“Jadi nanti Ibu-ibu bisa bantu penghasilan keluarga, sehingga mengurus anak dan rumah juga berjalan dengan baik,” katanya.

Kota Batam dipilih untuk melaksanakan Coding Mum, karena di Batam diharapkan menjadi sebagai gerbang digital. Kemudian perkembangan dunia digital di Batam juga sedang bertumbuh dengan pesat, terhitung sudah ada hampir 30 start up yang ada di Batam.

“Karena sudah mulai banyak Start Up, pasti mereka membutuhkan sumber daya manusia, kita harapkan nanti alumni Coding Mum ini dapat mengisinya,” katanya.

Komunitas Coding juga sudah dibentuk di Batam dengan nama Coder js mengharapkan nantinya para Ibu-ibu yang telah mendapat pelatihan Coding ini dapat bergabung dalam female js yang merupakan bagian dari Coder js.

“Sehingga setelah pelatihan ini, para Ibu-ibu bisa bergabung dengan kami dan tetap mengembangkan lagi pengetahuannya,” ujar Founder Coder js, Joko Auditis.

Beberapa Alumni Coding Mum juga telah menuai hasil, diantaranya sudah bekerja di Perusaha-perusahan e-commerce ternama seperti Tokopedia dan Sevelin. Coding Mum akan diadakan sebanyak 8 pertemuan yang berlangsung dari 26 April 2018 sampai dengan 11 Mei 2018.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews