Batam Siap Gelar Anugerah Foto Nasional

Batam Siap Gelar Anugerah Foto Nasional

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Perhelatan akbar Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) ke 8 tinggal menghitung hari. Batam sebagai tuan rumah akan menggelar acara ini pada Jumat, 27 April 2018.

Bertempat di Astaka Engku Putri Batam, acara berlangsung selama seminggu ini akan diisi dengan acara Anugerah Foto, Pameran Foto hingga Diskusi Foto.

Diperkirakan acara ini akan dihadiri oleh puluhan peserta APFI 2018 dari berbagai daerah. Menurut Immanuel Sebayang selaku Ketua Panitia PFI Kepri 2018, diambilnya tanggungjawab tersebut bukanlah hal yang mudah.

"Ditunjuknya Batam sebagai tuan rumah APFI 2018, dalam hal ini PFI Kepri terlibat sebagai panitia penyelenggara, merupakan kebanggaan tersendiri bagi PFI Kepri. Tentu ini kerja berat luar biasa," kata dia.

Pada Jumat malam dilangsungkan acara pembukaan berupa malam penganugerahan karya foto dan multimedia. Diantara penghargaan-penghargaan yang akan diberikan pada malam anugerah adalah Apresiasi Karya Terbaik Pewarta Foto, Apresiasi Terbaik Sepanjang 2018 dan Apresiasi Abdi Karya Sepanjang Masa (Lifetime Achiement).

Ribuan karya sudah masuk dan dinilai oleh para fotografer profesional. Setelah melakukan penjurian Terpilih total 42 pemenang, dari 5 kategori diantaranya yang dikompetisikan diantaranya kategori Citizen Journalis Foto Tunggal, Citizen Jurnalis Foto Story, kategori Multimedia, kategori Foto Single Pewarta Foto dan katergori Foto Story Pewarta Foto.

Sebanyak 406 pengirim dengan jumlah 2448 karya pewarta foto, 15 karya multimedia dan 190 karya foto Citizen Jurnalis yang terkumpul.

Dewan juri yang andil dalam APFI 2018 diantaranya Kemal Jufri(Freelance),  Hermanus Prihatna (Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara), Erik Prasetya, Safir Makki (Fotografer CNN Indonesia), Gusti Bayu Ismoyo (Fotografer AFP), Edi Purnomo (Freelance), Arbain Rambe (Fotografer Senior Kompas).  Sedangkan juri Multimedia :Eddy Hasby (Fotografer Kompas) dan Andi Riccardi (APTN).

Menurut Arbain Rambey, Juri Foto APFI 2018, APFI 2018 adalah ajang bagi pewarta untuk mengukur potensi dan menguji karya pewarta.

“Juri menyepakati bahwa foto yang dimenangkan pada APFI 2018 ini adalah foto yang cerdas, terlihat dari bagaimana fotografer merancang dan mengeksekusi. Saya berharap, tiap tahun APFI bisa menjadi literatur dan mendidik seseorang menjadi lebih baik,” ujar dia.

Selain Anugerah, APFI 2018 juga diisi dengan pameran foto jurnalistik. Kurang lebih 49 foto karya terbaik pewarta akan dipamerkan di Gedung Astaka.

Acara ini terbuka untuk umum. Diiisi dengan diskusi foto dengan narasumber berpengalaman, misalnya seperti Arbain Rambey, Edi Purnomo, Yuniadhiagung, Komunitas foto dan fotografer profesional lainnya.

(kin)

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews