Tenaga IT Paling Dibutuhkan di Kepulauan Riau

Tenaga IT Paling Dibutuhkan di Kepulauan Riau

Kepala Bidang Literasi dan Profesi SDM Kemenkominfo, Agung Harimurti

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Tenaga kerja muda bidang Informatika Telekomunikasi (IT) Provinsi Kepri mendapatkan Sertifikasi Standar Kerja Kompetensi Nasional, Selasa (24/4).

Sertifikasi yang berlangsung di CK Hotel Tanjungpinang ini merupakan pelatihan yang diberikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi RI melalui Pusat Pengembangan  Literasi dan Profesi SDM dan Komunikasi bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan angkatan kerja muda di bidang IT seperti programer dan networking dapat memiliki standar kompetensi berbasis SKKN," ujar Kepala Bidang Literasi dan Profesi SDM Kemenkominfo, Agung Harimurti, Selasa (24/4).

Menurutnya, SKKN ini merupakan salah satu standar kerja nasional bagi para pekerja di Indonesia. Sertifikasi SKKN yang didapat ini nanti, tenaga kerja akan mampu menjadi angkatan kerja yang dijamin kompetensi nya dan dapat bersaing dengan pekerja lainnya.

"Khususnya bersaing dalam masyarakat MEA saat ini, sertifikasi ini dibutuhkan untuk peningkatan Kualitas SDM kita di Provinsi Kepri," ujar Agung dihadapan 75 peserta yang berasal dari 7 kabupaten kota se - Provinsi Kepri.

Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika Kemenkominfo, Hedi M Idris mengatakan salah satunya Kemenkominfo memfasilitasi sertifikasi dibidang IT ini adalah untuk mempersiapkan tenaga kerja muda di Provinsi Kepri yang siap menghadapi MEA.

"Apalagi untuk Provinsi Kepri sebagai daerah terdepan Indonesia, MEA sangat berpengaruh dalam perkembangan masyarakat Kepri sehingga generasi muda harus mampu bersaing dan berkompetisi," ujar Hedi.

Hedi mengatakan perlunya ada Sertifikasi dan standar kemampuan tenaga kerja Kepri untuk mewujudkannya salah satunya melalui sertifikasi SKKN ini.

"Dengan begitu kedepannya generasi muda yang merupakan cikal bakal angkatan kerja muda di Provinsi Kepri akan dapat bersaing dengan tenaga kerja asing khususnya dalam bidang IT," kata Hedi.


(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews