Kawasan Gunung Jantan Bakal Jadi Objek Wisata Terpopuler

Kawasan Gunung Jantan Bakal Jadi Objek Wisata Terpopuler

Pemandangan yang tampak dari puncak Gunung Jantan Kabupaten Karimun (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Gunung Jantan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, berpotensi menjadi objek wisata baru. Di sini rencananya akan dibangun 12 titik ekowisata.

Saat ini proses itu tengah menunggu izin dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kawasan yang berada di wilayah Kecamatan Tebing itu masih berstatus hutan lindung. Namun DED wisata untuk sudah selesai dibuat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq masih harus melalui proses dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Masih banyak tahapan yang harus kita lalui yaitu tahapan dalam mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup tentang pengelolaan hutan untuk dijadikan satu kawasan ekowisata," kata Rafiq kepada batamnews.co.id, Selasa (24/4/2018).

Tentu saja hal itu tidak mudah dan singkat. "Hutan yang merupakan milik masyarakat dan pemerintah daerah itu dapat dimanfaatkan untuk menjadi objek wisata yang tentunya memberikan dampak ekonomis bagi Kabupaten Karimun," ucap Rafiq.

Saat ini, pemerintah daerah tengah macari investor untuk menggarap tempat objek wisata Gunung Jantan.

"Memang belum ada investor yang tertarik, untuk itu, inilah tugas kita sebagai Pemerintah Daerah untuk menjual program agar para investor tertarik dengan Gunung Jantan," ujar orang nomor satu di Bumi Berazam itu.

Pemerintah Daerah juga telah mempersentasikan mengenai konsep pembangunan ekowisata Gunung Jantan kepada pengusaha di Karimun, untuk dapat mengelola objek wisata tersebut. 

Nilai yang diinvestasikan diperlukan anggaran sebesar Rp 39 miliar.

"Kemarin kita mempresentasikan tentang konsep ini kepada pengusaha di Kabupaten, harapan kita mereka dapat mencari atau membentuk perusahaan bersama," ujarnya.

Pada perencanaannya, ekowisata gunung jantan tersebut akan dibangun 12 spot wisata. Seperti spot lokasi untuk bersantai, kuliner, permainan anak- anak, miniatur sejarah Karimun, lintasan bersepeda, tempat prawedding. Tempat pacu adrenalin hingga menara di puncak Gunung Jantan.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews