Smartphone Terkena Air? Jangan Lakukan Ini

Smartphone Terkena Air? Jangan Lakukan Ini

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Salah satu penyebab rusaknya smartphone adalah jika kemasukan air. Bagaimana jika hal ini terjadi?

Untuk mencegah dampak yang semakin buruk, tujuh (7) hal berikut ini harus kamu hindari ketika smartphone terkena air.

1. Pencet Tombol atau Goyang-Goyang Smartphone

Sesaat setelah mengangkat dari dalam air, usahakan untuk tidak memencet tombol yang ada di smartphone. Tak hanya itu, kamu juga tidak boleh menggoyang-goyangkan perangkat.

Hal ini tidak boleh dilakukan agar mencegah air tidak masuk ke dalam smartphone dan menyebar ke komponen lainnya.

2. Jangan Pakai Hair Dryer

Meski dapat menjadi ide cepat untuk mengeringkan smartphone yang basah, menggunakan hair dryer malah mendorong air masuk lebih dalam.

Selain itu, panas pengering rambut dan pancaran elektromagnetik dari hair dryer bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

3. Jangan Masukkan ke Dalam Beras

Banyak tips dan trik mengatasi smartphone yang basah menyarankan agar menggunakan beras untuk proses pengeringan.

Ternyata, partikel-partikel debu yang sering menempel di beras berpotensi masuk ke dalam smartphone dan membahayakan komponen-komponennya.

Ada baiknya kamu menggunakan handuk dan memasukkan smartphone yang basah itu ke dalam wadah tertutup bersamaan dengan silica gel.

4. Jangan Gunakan Oven atau Microwave

Jangan sekali-kali memasukkan smartphone kamu ke dalam oven atau microwave. Bila hair dryer saja sudah berbahaya, memasukkannya ke dalam oven yang memiliki suhu tinggi merupakan hal yang sangat dilarang untuk kamu lakukan.

Suhu tinggi bisa berbahaya untuk komponen listrik yang ada di dalam smartphone. Jadi jangan lakukan ini saat smartphone kamu terkena air.

5. Jangan Dimasukkan ke Dalam Freezer

Seperti penggunaan beras, banyak kabar yang menyebut memasukkan smartphone yang basah ke dalam freezer dapat mengatasi masalah.

Memang air yang di dalam smartphone membeku, namun bukan berarti hilang seluruhnya. Ketika dikeluarkan dari freezer, air yang membeku tadi akan meleleh dan membasahi komponen di dalam smartphone.

6. Jangan Ditiup

Jangan sesekali kamu meniup smartphone yang terkena air. Hal ini meningkatkan kemungkinan air untuk masuk ke bagian yang lebih dalam lagi.

7. Jangan Bongkar Smartphone

Membongkar smartphone untuk membuka bagian dalam sangat tidak direkomendasikan. Terutama jika smartphone kamu masih memiliki garansi. Membongkar bagian dalam bisa mempengaruhi garansi yang kamu punya.

 

(deb)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews