Bintan Resort Green Initiative, Tanam Ribuan Bibit Bakau di Pantai Sebong

Bintan Resort Green Initiative, Tanam Ribuan Bibit Bakau di Pantai Sebong

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Pengelola kawasan wisata Lagoi, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) menanam bibit bakau (mangrove replanting) di Pantai Sebong, Kecamatan Teluk Sebong. Bibit yang ditanam mencapai 3.500 bibit.

Mangrove replanting yang merupakan program Bintan Resort Green Initiative ini diikuti ratusan partisipan dari berbagai elemen. 

Diantaranya pengurus Karang Taruan dan perangkat desa dari Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kota Baru. Lalu, mahasiswa beserta perwakilan staff BRC dari seluruh department.

Kemudian juga diikuti Pemuda Pancasila Kecamatan Teluk Sebong dan Komunitas Nelayan Laut Biru Sebong Lagoi. Hadir juga seluruh operator Mangrove Tour  seperti Yethas, Wira Artha, BAP, BMC, Wessa, Green Mangrove, dan Safari Lagoi. 

Manager CD PT BRC, Machsun Asfari mengatakan program ini dulunya ditangani oleh Environment and Health Department PT BRC. Namun perusahaan pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi ini membuat inovasi yang lebih positif dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat khususnya Karang Taruna.

"Karang Taruna Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kelurahan Kota Baru inikan hasil dididkan dari Dinas Sosial Bintan. Jadi kami ingin organisasi tersebut dapat terus berjalan sehingga diberikan bimbingan secara teknis melakukan pembibitan bakau," ujar Machsun Asfari, Senin (23/4/2018).

 

 

Tiga jenis bibit

Untuk tahap awal, pendampingan masih dilakukan untuk Desa sebong Lagoi. Dimana hasil pembibitan bakau mereka sudah dapat digunakan untuk melakukan mangrove replanting. Mulai dari 11 Maret 2018 lalu dengan menanami 2.500 bibit dan 22 April 2018 dengan menanami 1.000 bibit.

Bibit yang ditanam itu ada 3 jenis yaitu Rhiziporaapiculata, R Sylosa dan R Mucronata. Ketiga jenis bibit itu sangat dominan ditemukan di Sepanjang Sungai Sebong yang menjadi lokasi utama pelaksanaan program tersebut.

"Dalam waktu dekat, Karang Taruna Sebong Pereh dan Kota Baru akan melakukan hal sama. Mereka akan menanam lebih dari 2.000 bibit bakau," ucapnya.

Kegiatan ini akan terus dilakukan setiap bulannya dengan tujuan agar semangat menjaga dan melestarikan keberlangsungan hutan bakau terus berlangsung. 

PT BRC dengan bangga akan terus mengajak semua kalangan untuk terlibat dalam usaha konservasi ini setiap bulannya dalam setahun penuh. 

"Bulan depan kita akan laksanakan mangrove replanting yang ke 3. Tepatnya 1 Mei yang bertepatan dengan Hari Buruh Dunia," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews