DPUPR-PKP Lingga Siapkan DED Embung Untuk Persawahan

DPUPR-PKP Lingga Siapkan DED Embung Untuk Persawahan

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Syarifuddin (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kementerian Pertanian (Kementan) RI akan membangunan embung di lokasi percetakan sawah Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Wacana pembangunan embung tersebut, disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lingga, Rabu (18/4/2018) lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Said Nursyahdu melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Syarifuddin mengatakan, pihaknya akan segera membuat Detail Engineering Design (DED) pembangunan embung di Desa Resang tersebut.

"DED nya tahun ini, kami akan menyiapkan DED itu di APBD-P tahun ini, sehingga Kementan bisa melaksanakan di tahun depan," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (23/4/2018).

Dia mengaku, dalam pembangunan embung ini, DPUPR-PKP Lingga hanya menyiapkan DED, sedangkan untuk pembangunannya dilakukan oleh Kementan RI yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

"Tindak lanjut pembangunan ini, Dirjen akan menurunkan tim teknis. Awalnya Tim teknis untuk memeta percetakan sawah, jadi karena di Resang sawahnya kurang maksimal, mereka juga diminta langsung untuk menangani pembangunan embungnya," ujarnya.

Diketahui, dipilihnya Desa Resang sebagai lokasi pembangunan embung tersebut, karena pengaiaran di percetakan yang ada belum maksimal dan kerap kali terjadi kekeringan maupun kebanjiran. Sehingga, dengan dibangunnya embung tersebut, dinilai dapat meminimalisir permasalahan tersebut dan dapat mengaliri air untuk irigasi.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews