Wartawan Nikaragua Tewas Ditembak Saat Siarkan Demo Anti-Pemerintah

Wartawan Nikaragua Tewas Ditembak Saat Siarkan Demo Anti-Pemerintah

wartawan Nikaragua Angel Gahona yang tewas ditembak saat siarkan demo anti-pemerintah (bbc)

BATAMNEWS.CO.ID, Manega - Angel Gahona, seorang wartawan di Nikaragua tewas ditembak. Ketika itu sedang menyiarkan langsung aksi protes anti-pemerintah yang berlangsung ricuh pada 21 Februari malam waktu setempat. 

 

Gahona melaporkan langsung di kota Bluefields di pesisir Karibia, Nikaragua selatan, ketika sebuah tembakan terdengar. Ia jatuh dengan darah mengalir dari kepalanya. 

 

Kala itu, Gahona melaporkan sebuah mesin anjungan tunai yang rusak sambil merekam dengan videonya. Di belakangnya seorang kameramen membuat film. Surat kabar lokal El Nuevo Diario menyebutkan ia menyiarkan langsung di Facebook.

 

Tembakan tersebut menghentikan komentarnya, membuat Gahona tersungkur beberapa langkah dari gedung itu. Ia kemudian terbaring dalam posisi tengkurap sementara orang-orang meneriakkan namanya dan bergegas membantu, demikian gambar di video.

 

Belum jelas siapa pelaku penembakan itu. Surat kabar Nikaragua La Prensa yang mengutip seorang wartawan lain mengatakan hanya polisi dan kelompok-kelompok yang bentrok dengan para pemerotes bersenjata saat peristiwa itu terjadi.

 

Sebelum insiden itu, Palang Merah menyatakan sedikitnya 10 orang telah meninggal sejak demo mulai pada Rabu. Aksi demonstrasi ini dipicu oleh Undang-Undang yang baru dikeluarkan pemerintah.
 

Dalam aturan anyar tersebut, kontribusi pajak dari penduduk ditingkatkan nilainya. Sementara, tunjangan pensiun dalam sistem jaminan sosial dipotong, menyebabkan krisis bagi Presiden Nikaragua, Daniel Ortega.

 

Pihak berwenang di Managua dan Lissett Guido, seorang juru bicara Palang Merah di Nikaragua, belum segera dapat memberikan konfirmasi terkait insiden penembakan itu. Kabar mengenai kejadian ini pun segera menyebar luas di tingkat nasional dan internasional serta di sosial media.

 

(deb)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews