DPRD Bintan Akan Anggarkan Penambahan Kapasitas Distribusi

SPAM Sebong Lagoi Baru Bisa Layani 160 Pelanggan

SPAM Sebong Lagoi Baru Bisa Layani 160 Pelanggan

SPAM Desa Sebong Lagoi, Kabupaten Bintan. (Foto: Ary /Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Sebong Lagoi hanya bisa melayani 160 pelanggan sampai saat ini. Padahal kapasitas SPAM seharga miliaran rupiah itu mampu mendistribusikan air ke 800 rumah tangga di Kecamatan Teluk Sebong.

"SPAM ini sudah berjalan. Namun hanya melayani 160 pelanggan saja. Dalam waktu dekat, kita akan tingkatkan pendistribusiannya karena SPAM ini mampu melayani 800 pelanggan," ujar Anggota Komisi II DPRD Bintan, Umar Ali Rangkuti, Jumat (20/4/2018)

Wancana peningkatan kapasitas pendistribusian air bersih dari SPAM ini sudah dibahas antara DPRD bersama pihak pengelola dan kecamatan setempat.

Dalam waktu dekat wacana itu akan ditindaklanjuti dengan dua cara. Diantaranya jika dilakukan bertahap dalam jumlah kecil, maka cukup dilakukan oleh pengelola dan pihak kecamatan. Apabila dilakukan langsung dengan jumlah besar pasti membutuhkan dana besar.

Sebab untuk jumlah besar, terlebih dahulu harus dipasang jaringan perpipaannya. Mulai dari SPAM sampai ke rumah-rumah warga.

"Kalau peningkatannya sesuai kapasitas 800 pelanggan, pastinya dana yang dibutuhkan besar. Itu tak masalah, karena bisa kami kejar lewat APBD," jelasnya.

Umar berharap pengelola dan pihak kecamatan bisa menjaga SPAM Desa Sebong Lagoi ini dengan baik dan tetap beroperasi. Kemudian harus bisa mengelolanya dengan tepat sehingga pembayaran pelanggan tetap teratur dan lancar. Apalagi air yang dijual masih murah yaitu Rp 5 ribu perkubik.

"SPAM akan berjalan jika didiukung dengan dana operasionalnya. Jadi kelolalah dengan baik dan benar agar terus berjalan," katanya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews