Benarkah Kopi Menyebabkan Keguguran?

Benarkah Kopi Menyebabkan Keguguran?

foto: wawasansejarah.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Benarkah minum kopi saat hamil mengakibatkan? Disaat hamil terkadang para ibu tidak memperhatikan apa yang dikonsumsinya.

Sejauh ini para pakar masih belum sepakat soal kaitan antara kafein dengan meningkatnya risiko kehamilan. Sebagian riset lain memberi peringatan bahaya keguguran atau kematian bayi dalam kandungan.

Minum kopi sebenarnya diperbolehkan asalkan tahu porsinya. Dilansir dari Nakita.id, ibu hamil perlu membatasi minum kopi hingga maksimal 200 miligram atau setara dengan 1 sampai 2 cangkir berukuran 240 ml perhari. Hal tersebut dilakukan karena kopi bisa memengaruhi kehamilan.

Selain perlu membatasi saat menikmati segelas kopi, perlu diingat juga di hari yang sama ada hal yang harus diperhatikan. Selama mengonsumsi kopi dengan takaran tersebut, ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi minuman atau makanan lainnya yang mengandung kafein, seperti teh, soda atau cokelat. Saran tersebut menurut pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologists.

Semakin sedikit minum kopi saat hamil atau konsumsi minuman berkafein maka akan semakin baik bagi janin. Jadi, agar terhindar dari gangguan kehamilan seperti keguguran sebaiknya batasi jumlah minum kopi.

(kin)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews