Nongsa Akan Menjadi KEK Pertama Batam

Nongsa Akan Menjadi KEK Pertama Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kecamatan Nongsa akan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama Batam.

"Nongsa, kalau ada yang mendahului, itu Nongsa," kata Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi, Rabu kemarin.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berencana menetapkan KEK Batam secara bertahap, melihat kesiapan masing-masing kawasan industri di kota itu.

Wali Kota menyatakan, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution belum menerangkan secara resmi dalam rapat Dewan Kawasan Batam. Namun, Menteri menyebutkan kawasan industri Nongsa yang dikelola pengusaha Kris Wiluan yang menjadi KEK pertama.

"Itu kata Pak Menko, tapi kami belum bahas. Itu harus dibahas ke kami," kata dia.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi di Batam, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penerapan transformasi KEK Batam dilakukan secara bertahap.

"Kami cari jalan paling mudah paling `simple` tidak berlarut. Tidak akan tunggu sampai siap semuanya. Zona mana paling siap akan diubah jadi KEK," kata Darmin.

Menurutnya, Pemerintah akan menetapkan zona yang masuk dalam KEK satu per satu, melihat kesiapan setiap kawasan.

Bila satu zona selesai menjadi KEK, maka pemerintah akan menilai lagi, zona berikutnya untuk menjadi KEK.

Nantinya, dalam tahapan itu, Kepala BP Kawasan Batam yang sekarang mengelola FTZ juga akan memimpin Kepala Badan Pengelola Kawasan.

"Bikin saja jabatan kepala BP `garis miring` Badan Pengelola KEK. Nanti selesai satu, yang mana lagi yang siap, kita bikin lagi dan seterusnya. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama, seluruh BP Batam jadi KEK," kata dia.

Bila seluruh daerah yang sebelumnya dikelola BP Batam menjadi KEK, maka BP Kawasan Batam turut bertransformasi menjadi Badan Pengelola KEK.

Ia berharap seluruh rumusan mengenai transformasi Batam selesai dalam dua hingga tiga bulan ini, demi kepastian hukum bagi penanam modal.

"Aturan mainnya demikian sehingga bisa merencanakannya. Dalam dua hingga tiga bulan ini ada zona tertentu di wilayah BP Batam yang menjadi KEK," kata Menteri.


(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews