8 SMPN di Batam Ikut UNBK 23 April

8 SMPN di Batam Ikut UNBK 23 April

UNBK siswa SMA beberapa hari lalu (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebanyak 8 SMPN akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sementara sisanya mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 6 SMPN dari 56 sekolah. 

Untuk yang sudah UNBK terdiri dari, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 11, SMP 12, SMPN 26, dan SMPN 53 keseluruhan melaksanakan secara mandiri. Sementara, SMPN 2 akan menumpang di SMAN 2 Batam.

"Dari jumlah tadi hanya satu yang masih menumpang, sisanya mandiri. Kalau MTs semuanya tahun ini siap mengikuti UNBK begitu juga sekolah swasta," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Kota Batam, Hernowo, Senin (15/4/2018). 

 Dan sebanyak 15. 380 peserta didik se-Kota Batam tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat siap mengikuti Ujian Nasional (UN) 2018, hal ini berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Batam yang dilaksanakan serentak pada tanggal 23-26 April nanti.  

"Sejauh ini persiapan UN di Batam sudah mantap. Dan sebelumnya mereka (Pelajar) sudah melakukan simulasi jadi tinggal go saja," kata dia

Hernowo mengatakan, penyelenggaraan UN setiap tahunnya berjalan lancar. Meskipun masih ada melaksanakan  (UNKP), dan yang melaksanakan  (UNBK).

"Ada yang manual ada juga komputer. Ada yang numpang ada pula yang mandiri. Tergantung fasilitas masing-masing sekolah," jelasnya. 

Untuk mencapai target 75 persen sekolah yang mengikuti UNBK yang ditetapkan oleh Kemendikbud, Pemerintah Kota Batam masih akan melakukannya secara bertahap. 

Salah satu sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK secara mandiri yakni SMPN 26 Batam. Tahun ini, ada sekitar 256 siswa yang akan melaksanakan ujian. 

"Tahun ini merupakan tahun kedua kita ikut UNBK secara mandiri," ujar Kepala Sekolah SMPN 26 Batam, Hj Rafeah, Senin (16/2018). 

Untuk tahun ini, SMPN 26 Batam lebih siap untuk mengikuti UNBK, ada beberapa sesi dibagi untuk pelaksanannya, dan segi infrastruktur SMPN 26 Batam sudah memadai hanya saja kendala yang dihadapi biasanya dari eksternal.

"Kalau lab komputer beserta komputer sudah cukup, tapi yang jadi kendala itu biasanya jika ada pemadaman listrik, karena sewaktu UAS yang lalu sempat tertunda karena listrik padam," katanya.

(ret)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews