Menteri Airlangga: Industri Elektronik di Batam Masih Berpotensi

Menteri Airlangga: Industri Elektronik di Batam Masih Berpotensi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai industri elektronik di Batam masih menarik. Saat ini industri tersebut terpusat di Kawasan Industri Batamindo.

Nilai tambah dari industri ini masih tinggi dan tergolong industri semi konduktor serta sebagai penyumbang ekspor.

“Arah pengembangan kebijakan Batam ke arah elektronik, industri elektronik bisa bangkit kembali karena mempunyai nilai tambah tinggi, di Batamindo saja sudah 70 persen untuk kategori elektronik,” ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Batam Center usai meninjau kawasan Batamindo, Jumat (13/4/2018). 

Apalagi saat ini Batam sedang mengembangkan industri smartphone, dan ini menjadi jalan bagi Batam dengan memperluas lagi ekspansinya yaitu mengajak investor ahli di bidang komponen smartphone.

“Salah satu perusahaan di Batam jadi outsourcing produksi smartphone, jadi tonggal menambah industri komponen lainnya, pembuatan chip juga sudah ada di Batam,” katanya.

Kondisi geografis Batam yang dekat dengan Singapura juga menjadi pendukung yang penting dan ditambah lagi lokasi Batam yang strategis.

Dan didukung lagi Batam sudah memiliki kawasan industri yang sudah tertata dengan baik, sehingga memudahkan Kawasam Ekonomi Khusus (KEK) nantinya.

“Banyak industri otomotif yang berelasi dengan elektronik. Perlu didorong karena punya margin tinggi san tidak senaitif terhadap upah,” jelasnya.

Persoalan upah bisa menjadi sesuatu yang perlu dibenahi oleh pemerintah daerah, “Perlu diperbaiki relasi industrinya, sehingga tidak menjadi hambatan,” katanya.

(ret)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews