Cegukan Tak Kunjung Berhenti? Atasi Dengan Cara Ini

Cegukan Tak Kunjung Berhenti? Atasi Dengan Cara Ini

foto: aladokter.com

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Cegukan bisa datang begitu saja. Pada beberapa kasus cegukan menetap selama berhari-hari dan tak kunjung henti. Kondisi ini tentunya membuat ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas.

Fenomena tubuh yang aneh ini disebabkan oleh diafragma yang tanpa sadar berkontraksi, yang pita suara menutup dengan tiba-tiba, mengeluarkan bunyi 'hiks' yang aneh.

Kontraksi diafragma ini bisa terjadi tanpa disadari, misal ketika saraf iritasi atau rusak. Cegukan dapat timbulkan oleh beberapa hal diantaranya: makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minum minuman beralkohol atau bersoda, merokok, perubahan suhu yang tiba-tiba, periode reaksi emosional yang intens seperti kegembiraan, stres, atau ketakutan.

Berikut beberapa cara berikut mungkin bisa dicoba untuk menghentikan cegukan:

- Bernafaslah ke dalam kantong kertas
- Tarik lutut ke depan dan condongkan tubuh ke depan
- Minum air dingin
- Telan sedikit gula pasir
- Gigitlah lemon atau sedikit cuka
- Tahan napas Anda untuk beberapa waktu

Kalau beberapa cara di atas sudah Anda coba, pilihan lainnya adalah pergi ke dokter. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam atau sering datang dan pergi dalam kurun waktu tersebut akan memengaruhi hidup Anda.

Cegukan yang terus-menerus terjadi memang jarang dialami, tetapi jika ini terjadi, bisa menjadi gejala untuk kondisi yang serius, seperti masalah pernapasan, gangguan kardiovaskular, dan atau masalah dengan sistem pencernaan Anda.

Cegukan yang terus menerus juga bisa dikaitkan dengan jenis obat tertentu yang mungkin Anda konsumsi, termasuk benzodiazepin (seperti Valium).

(elz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews