Berikut 12 Data Pribadi yang Tidak Perlu Dishare di Facebook

Berikut 12 Data Pribadi yang Tidak Perlu Dishare di Facebook

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Skandal Cambridge Analytica yang belakangan heboh membuat banyak orang mempertanyakan keamanan Facebook. Untuk menghindari data-data pribadi yang disalahgunakan ada baiknya Anda memperhatikan informasi-informasi pribadi yang tidak seharusnya dibagi dengan media sosial satu ini.

Lebih baik lindungi privasi Anda dengan memperhatikan 12 berikut:

1. Ulang tahun
Ulang tahun Anda adalah salah satu bagian dari teka-teki penting, mencakup nama dan alamat Anda. Dengan ini juga orang dapat lebih mudah mengakses rekening bank dan data pribadi Anda.

2. Nomor telepon
Seorang penguntit bisa menghubungi Anda tanpa henti. Ganggu banget kan?

3. 'Teman' yang Tak Relevan
Profesor psikologi Oxford, Robin Dunbar, berteori bahwa manusia dapat mempertahankan sekitar 150 relasi atau hubungan yang stabil.

Setelah melihat 3,375 pengguna Facebook, Dunbar menemukan bahwa teman-teman Facebook mereka, 4.1 dianggap dapat diandalkan, dan 13,6 menunjukkan simpati ketika ada “krisis emosional.” Menyingkirkan teman yang “tak relevan” dapat membuat interaksi yang lebih sehat di media sosial.

4. Foto-foto anak Anda/anggota keluarga muda
Victoria Nash, penjabat direktur Institut Internet Oxford, mengajukan pertanyaan yang sangat bagus tentang hal ini: “Jenis informasi apa yang ingin anak-anak lihat tentang diri mereka secara online di kemudian hari?”

Generasi sebelumnya tidak pernah perlu mempertimbangkan ini, tetapi munculnya internet dan media sosial otomatis membuat pertanyaan ini menjadi lebih penting. Pertimbangkan untuk memposting foto atau kegiatan anak Anda yang akan membuat mereka malu dikemudian hari.

5. Tempat anak Anda bersekolah
Menurut NSPCC, jumlah pelanggaran seksual meningkat selama setahun terakhir.Laporan itu mengatakan: “Polisi mencatat 36.429 pelanggaran seksual terhadap anak-anak di Inggris pada tahun 2013/2014 … di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, polisi mencatat jumlah pelanggaran seksual tertinggi terhadap anak-anak dalam satu dekade terakhir.”

Jadi, hal terakhir yang Anda inginkan adalah memberi kesempatan pada penjahat seksual untuk mencari tahu di mana anak Anda bersekolah.

6. Layanan lokasi
Layanan lokasi hanya tersedia di Android atau iPhone. Pada tahun 2015 TechCrunch melaporkan bahwa lebih dari 500 juta pengguna mengakses Facebook hanya dari ponsel mereka, yang berarti bahwa nomor yang sama memiliki potensi untuk memberitahu lokasi mereka secara online, dan siapa saja akan tahu Anda sedang berada di mana.

7. Manajer Anda
Yang ini klasik. Facebook adalah platform media sosial, dan pada tingkat tertentu interaksi Anda harus santai dong… Tapi kalau CEO tempat Anda bekerja bisa mengakses wall Anda, duh males juga kan? Apalagi ketika Anda mengeluhkan pekerjaan!

8. Hentikan melakukan tag lokasi Anda
Banyak orang lupa akan fakta bahwa ketika Anda menandai lokasi Anda (rumah Anda) maka artinya Anda memberikan alamat rumah.

9. Kapan dan di mana Anda pergi liburan
Menurut situs keuangan This is Money, pelancong yang dirampok saat mereka sedang berlibur kemungkinan tidak mendapatkan klaim asuransi mereka jika mereka memposting rencana liburan mereka di akun media sosial. Nah loh!

10. Status hubungan Anda
Jika Anda ingin merayakan mekarnya hubungan baru, jangan lakukan di Facebook ya… Syukur kalau hubungan itu sukses, kalau tidak? Duh malunya ketika mengubah status in a relatonship menjadi single.

11. Detail kartu kredit
Ya, jangan pernah coba pikir untuk melakukannya.

12. Gambar boarding pass
Memfoto boarding pass memang sering dilakukan, tapi jangan konyol! Barcode pada boarding pass Anda itu unik milik Anda, dan dapat digunakan untuk mencari informasi yang sudah Anda berikan kepada perusahaan penerbangan.

(elz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews