Clara Sarwati, Nenek 52 Tahun Minta Restu Sebelum Mendaki Everest

 Clara Sarwati, Nenek 52 Tahun Minta Restu Sebelum Mendaki Everest

BATAMNEWS.CO.ID, BATAM - Clara Sarwati bersama enam srikandi lainnya berencana menaklukkan puncak Everest di hari Kartini, 21 April nanti. Sebelum berangkat Clara menemui Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam X. Dia ingin berpamitan sekaligus mohon doa restu agar Tuhan senantiasa melindunginya dalam perjalanan untuk mendaki Mount Everest.

Clara, demikian wanita ini akrab dipanggil, merupakan pendaki gunung yang ulung. Ia sudah pernah menaklukkan 7 puncak dunia dan 14 puncak gunung dengan ketinggian 18 feat di atas permukaan laut. Di usianya yang sudah senja ini, ia ingin kembali menaklukkan puncak everest.

Wanita ini menceritakan dahulu ia menjadi salah satu anggota dari tim yang pertama kali menaklukkan puncak Everest. Bersama dengan 12 rekannya dari Nepal dan seorang lagi dari Indonesia, mereka menaklukkan puncak Everest saat itu.

"Tim kami memang anggotanya sedikit, biar bisa saling menjaga. Kalau banyak justru susah berkoordinasi," tuturnya.

Selain itu, ia juga pernah mendampingi tim Kopassus naik ke Puncak Everest tahun 1996. Kala itu, Kopassus masih di bawah komando Prabowo. Sehingga waktu itu Tim Kopassus akhirnya menorehkan prestasi gemilang.

Kini, meski usianya sudah tidak terbilang muda lagi, ia dipercaya memimpin tim pendaki wanita Indonesia yang akan menaklukkan puncak everest.  Enam pendaki wanita lain usianya jauh di bawah dirinya, bahkan di bawah 30 tahunan.

Karena usianya sudah tidak muda lagi, ia akan menjadi tim kedua alias tim penyapu. Bekal dan pengalamannya yang cukup matang dalam hal pendakian membuatnya paham dengan kondisi dan situasi alam.

"Sekarang saya latihan fisik terus dengan berenang. Minimal 2 jam per hari ia berlatih renang bersama anak-anak," ungkapnya.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews