Baru Tiga SMA di Lingga yang Mampu Terapkan UNBK

Baru Tiga SMA di Lingga yang Mampu Terapkan UNBK

UNBK di sebuah SMA di Lingga (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018, baru ada tiga SMA di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam mengatakan, ketiga SMA tersebut yakni, SMAN 1 Singkep, SMAN 2 Singkep dan SMAN 1 Singkep Barat. Sedangkan sekitar 10 SMA lainnya yang ada di Kabupaten Lingga masih menerapkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), karena keterbatasan fasilitas untuk dilaksanakan UNBK.

"Kalau bicara kewenangan, Disdik Kabupaten kan hanya sebatas SMP, kalau SMA kewenangan Provinsi, tapi kami juga datangi untuk memantau proses UN ini ke sekolah SMA, karena ada SMA yang melaksanakan UNBK dan ada yang melaksanakan UNKP," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (10/4/2018).

Junaidi menjelaskan, terpantau di hari kedua pelaksanaan UN tingkat SMA ini, tidak ada kendala berarti. Untuk UNBK yang dilakukan di tiga SMA tersebut, juga berjalan lancar.

"Tidak ada masalah, listrik bagus, jaringan internet bagus, dan hasil mudah-mudahan 100 persen lah," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lingga ini.

Dia juga berharap, pada pelaksanaan UN tahun ajaran 2017/2018 ini, secara individu dapat mengalami peningkatan. Begitu juga secara umum, dari 7 kabupaten/kota di Kepri, angka kelulusan dan nilai UN di Kabupaten Lingga ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

Diketahui, pelaksanaan UNBK maupun UNKP untuk tingkat SMA pada tahun ini dilaksanakan pada 9-12 April 2018.

(ruz)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews