BKIPM Tanjungpinang Sidak Pasar Bintan Center, Pastikan Ikan Tanpa Formalin

 BKIPM Tanjungpinang Sidak Pasar Bintan Center, Pastikan Ikan Tanpa Formalin

Foto: Petugas mengambil Sampel ikan di pasar Bintan Center Tanjungpinang

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Balai karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tanjungpinang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar Bintan Center Tanjungpinang, Selasa (10/4/2018).

Petugas BKIPM melakukan pengambilan sampel ikan dengan mendatangi pedangan satu per satu. Pengujian dilakukan guna memastikan ikan-ikan itu dalam keadaan sehat dan tidak mengandung formalin.

Risma, petugas BKIPM Tanjungpinang mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian bulan bakti. Pihaknya mengambil sampel untuk dilakukan pengujian.

"Kami tidak ada timbang pilih, pengambilan sampel juga tidak dilakukan secara acak, kami datangi satu persatu, nanti dilakukan pengujian apakah ikan yang dijual para pedagang ini dalam keadaan sehat," ungkapnya.

Lanjutnya, setelah mengambil sampel ini pihaknya langsung melakukan pengujian di pos yang telah disiapkan dan bisa juga disaksikan para pedagang. Untuk kali ini pihaknya mengambil sampel sebanyak 11.

"Ada 11 sampel yang kita ambil diantaranya, ikan tongkol, ikan gabus, ikan sarden, ikan asin sepat, ikan selar, bakso goreng putih, bakso goreng merah, dan es batu yang digunakan para pedagang kalau hasilnya nanti ya mas kita lakukan pengujian dulu," jelasnya.

Petugas BPOM dan petugas BIKPM Tanjungpinang juga dilibatkan dalam sidak ini.

(adi)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews